Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Berencana Buat Regulasi Lalu Lintas Babi dari Luar

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 September 2023 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya berencana membuat regulasi lalu lintas babi potong yang datang dari luar Kota Palangka Raya maupun Kalimantan Tengah.

"Harusnya memang ada regulasi khusus. Kita dari dinas sedang mencermati berapa kebutuhan daging babi di Palangka Raya dalam sebulan, sebagai dasar membuat regulasi ini," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat, Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno kepada Borneonews pada Kamis, 7 September 2023.

Menurut Ganjar, pihaknya telah berkomunikasi dengan perkumpulan peternak dan pemotong babi di Kota Palangka Raya beberapa waktu lalu.

"Mereka menyampaikan aspirasi dan keberatan mereka dengan banyaknya babi dari luar yang masuk ke Palangka Raya dan merusak tata niaga daging babi di pasaran," tuturnya.

Mantan Kepala UPTD Rumah Potong Hewan atau RPH Kota Palangka Raya ini juga menuturkan bahwa pihaknya mendukung penuh perkembangan bagi peternak lokal, sehingga regulasi yang dibuat tentu akan seadil-adilnya dan mendukung peternak lokal.

"Para peternak itu bilang baru saja mereka bisa bernafas lega dengan harga babi yang mahal di pasaran, sehingga bisa setidaknya mengganti kerugian yang terjadi akibat ASF beberapa waktu belakangan. Tetapi dengan masuknya babi potong dari luar yang ternyata merusak tata niaga sehingga peternak lokal tidak bisa berkembang. Harga kandang murah, hanya Rp65.000 sampai Rp70.000 per Kg sementara di pasar harga daging babi masih tinggi mencapai Rp120.000 per Kg. Ini yang menjadi perhatian kita," tegas Ganjar. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru