Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penguatan Informasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 11 September 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lamandau akan terus melakukan penguatan dan menyebarkan informasi pendidikan politik bagi seluruh masyarakat di daerah setempat dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2024.

“Kami (Bawaslu) akan terus memberikan penguatan atau minimal informasi tentang pendidikan politik sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai masyarakat bernegara,” terang Ketua Bawaslu Kabupaten Lamandau, Yustedi di Nanga Bulik, Senin, 11 September 2023.

Melalui penguatan tersebut, kata Dia, diharapkan masyarakat ikut memberikan inovasi yang efektif dan inovatif untuk dapat diterapkan Bawaslu dalam pengawasan pemilu. Perlu adanya peran serta semua stakeholder dalam melakukan pengawasan setiap tahapan pemilu.

“Sehingga kita semua bisa mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban kita dalam menghadapi setiap tahapan pemilu,” ujarnya.

Ia berharap dengan penguatan dan informasi pendidikan politik yang memadai, pihaknya bisa mendapatkan inovasi atau bahan dari masyarakat yang tentunya bisa membuat model pengawasan yang efektif dan sistematis sesuai dengan situasi dan kondisi sosial politik geografis di daerah masing-masing.

“Kami menyadari bahwa masukan dari masyarakat bahkan dari setiap kader pengawas partisipaif sangatlah penting,” tuturnya.

Yustedi juga menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu, demi mewujudkan pemilu berintegritas. Sehingga output dari pemilu sesuai dengan harapan.

“Bawaslu menyadari bahwa dengan meningkatnya partisipasi masyarakat akan turut serta mewujudkan pemilu yang berintegritas,” sebutnya.

Sejatinya, imbuh dia, penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini tidak hanya diselenggarakan oleh penyelenggara pemilu saja, secara substansi pemilu itu sebenarnya diselenggarakan bersama-sama masyarakat. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru