Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Unit Tipidkor Cegah Penyimpangan Penyaluran Bantuan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 September 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran bantuan pemerintah kepada masyarakat di Kabupaten Lamandau, Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satreskrim Polres Lamandau, melaksanakan rapat koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Dinas Sosial.

Kasatreskrim Polres Lamandau, AKP Faisal Firman Gani mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mencegah korupsi dan penyelewengan dalam distribusi pupuk subsidi, bantuan pertanian dan Bansos UEP (Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif).

“Polri berkomitmen untuk memastikan bahwa program bantuan dari pemerintah berjalan dengan baik dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat,” ujar Faisal di Nanga Bulik, Selasa, 19 September 2023.

Berdasarkan hasil Rapat koordinasi, lanjut dia, hingga saat ini dalam penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani maupun Bansos UEP belum menemukan adanya indikasi yang mengarah ke tindak pidana korupsi.

“Tim Unit Tipidkor juga memberi masukan kepada Dinas Pertanian dan Dinas Sosial Kabupaten Lamandau agar pada setiap melakukan penyuplaian pupuk bersubsidi maupun penyaluran Bansos untuk melibatkan Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek Jajaran Polres Polres Lamandau,” ujarnya.

Faisal juga meminta instansi terkait agar transparan dan akuntabel dalam menyalurkan bantuan dengan membuka akses data tentang penerima bantuan, realisasi bantuan dan anggaran yang tersedia, dan juga mengimbau agar menyediakan sarana layanan pengaduan masyarakat.

“Kami terus berupaya untuk memastikan bantuan sosial yang disalurkan kepada masyarakat tepat sasaran dan tidak terjadi kecurangan,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru