Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Buatan di Kalteng Upaya Karhutla dan Kabut Asap

  • Oleh Marini
  • 06 Oktober 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) berupa hujan buatan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah dilaksanakan sejak 4-8 Oktober 2023. Dengan tujuan untuk mengurangi dampak kabut asap dan sebagai salah satu upaya pemadaman api Karhutla.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng Ahmad Toyip, menyatakan bahwa TMC dengan teknik cloud seeding atau penyemaian awan kali ini dilaksanakan pada area semai Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, dan Katingan.

"Di daerah dengan tingkat Karhutla cukup parah saat ini. Sebagai upaya untuk mengatasi Karhutla yang beberapa bulan terakhir melanda wilayah tersebut," ucapnya, Kamis, 5 Oktober 2023.

Ia juga menyampaikan, untuk hujan saat ini yang terjadi di Sampit (Kotawaringin Timur), Kapuas, dan Pulang Pisau hasil dari TMC berupa hujan buatan. Dengan adanya upaya tersebut berharap kabut asap dan Karhutla dapat teratasi dan mereda.

"Ini upaya dilakukan oleh BNPB. Semoga saja kabut asap dampak Karhutla diwilayah tersebut dapat teratasi," bebernya.

Adanya hujan buatan ini menurutnya sebagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah, terkait menangani masalah lingkungan seperti kekeringan, kebakaran hutan, dan pencemaran udara. (MARINI/H)

Berita Terbaru