Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengunjung Perpustakaan Daerah Sukamara Hanya Bertambah 1%

  • 20 April 2016 - 19:36 WIB

BORNEIONEWS, Sukamara - Berdasarkan data Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (KAPD) Kabupaten Sukamara, jumlah pengunjung keperpustakaan pada 2015 meningkat sekitar 1% bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2014, jumlah kunjungan ke perpustakaan tercatat 12.500 orang, sedangkan pada 2015 sebanyak 12.507 orang atau hanya bertambah tujuh pengunjung.

Kepala KAPD Sukamara Lamsidi mengatakan, tingkat kujungan tersebut masih terhitung wajar jika dibandingkan dengan kabupaten lain. Menurutnya, tingkat kunjungan warga ke perpustakaan daerah bila dirata-rata per kabupaten sekitar 1.000 orang per bulan.

'Kenaikannya memang tidak banyak, tetapi ini masih lebih baik jika dibanding dengan jumlah penduduk Sukamara,' ungkap Lamsidi, Rabu (20/4/2016).

Untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat sehingga tertarik berkunjung ke perpustakaan, KAPD telah mengadakan berbagai kegiatan. Seperti nonton bareng, mobil perpustakaan keliling, gerakan masyarakat suka perpustakaan (gemar super), dan publikasi budaya baca yang dilaksanakan belum lama ini.

Selain itu, KAPD mengadakan pembagian doorprize setiap akhir pekan kepada anak yang memiliki jumlah kunjungan terbanyak.

'Kita adakan pembagian doorprize yang akan dilakukan setiap akhir pekan. Ini sa'lah satu cara kami untuk menarik minat anak un'tuk berkunjung ke perpus'ta'ka'an daerah setiap hari,' ujar'nya.

Selain itu, KAPD selama 2015 telah menanbah jam ope'rasional perpustakaan dae'rah yang semula hanya bu'ka pada hari kerja menja'di setiap hari mulai Senin hingga Minggu.

'Pada hari Minggu kami b'uka hingga pukul 13.000 WIB dan pada 2016 ini akan ka'mi tambah hingga pukul 14.00. Hal ini untuk meng'akomodasi permintaan dwarga yang hanya bisa ber'kunjung saat akhir pekan,' se'but Lamsidi.

Ia juga mengatakan, pihak'nya telah menjalin kerja sa'ma dengan perpustakaan de'sa dan sekolah sehingga da'pat bersama-sama mengga'lak'kan minat baca masyarakat.

Adanya hubungan kerja sa'ma tersebut diharapkan da'pat lebih efektif dalam men'ciptakan masyarakat in'telektual, berbudaya, dan bermartabat.

'Ini adalah mitra-mitra kerja yang akan bersama-sama untuk menggalakkan dan meningkatkan budaya baca di kalangan masyarakat.'

Pada tahun ini, KAPD Suka'ma'ra mengelontorkan dana sebesar Rp10 juta untuk peng'adaan buku bacaan khusus anak dan Rp20 juta untuk pe'ngadaan buku lainnya. 

Semua itu dilakukan untuk me'nambah koleksi buku di per'pustakaan supaya bisa se'makin menarik minat baca masyarakat.

(MG13/B-3)

Berita Terbaru