Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tarian Kolosal 616 Penari Meriahkan Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Kotim di Parenggean

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 29 Oktober 2023 - 07:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 616 penari memeriahkan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) di Parenggean, Sabtu, 28 Oktober 2023.

"Pembukaan ini kami sajikan tari kolosal dari anak-anak Parenggean," kata Camat Parenggean Siyono.

Tarian tersebut ditampilkan oleh siswa-siswa SMAN 1 Parenggean dibawah binaan ketua PKK Kecamatan Parenggean.

Tarian itu menampilkan tari kolosal dengan tema gema insani masyarakat Parenggean. Tarian menggambarkan Kecamatan Parenggean dengan filosofi rumah betang. Parenggean menjadi tempat aman dan damai bagi penduduk peribumi maupun pendatang.

Di dalam tarian itu dikisahkan sebuah keluarga meninggalkan kerajaan dan mencari tempat yang aman. Mereka menyusuri Hulu Sungai mentaya hingga ke sebuah anak sungai bernama Sungai Tualan.

Suatu hari sampailah mereka di sebuah kampung yang aman, rukun, damai dan sejahtera. Masyarakatnya bekerja sebagai nelayan dengan menggunakan alat berupa rengge. Keluarga Kerajaan tersebut akhirnya memilih menetap dan berbaur dengan penduduk setempat.

Ikan yang sangat melimpah di Kampung tersebut sehingga banyak didatangi oleh orang-orang di luar kampung yang turut menangis rezeki sebagai pencari ikan.

Berawal dari kata rengge kampung itu terkenal dengan sebutan kampung Parenggean. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru