Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PN Palangka Raya Nyatakan Gugatan Perbuatan Melawan Hukum terhadap PT Bank Kalteng Tidak Dapat Diterima

  • Oleh Apriando
  • 15 November 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palangka Raya menyatakan gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) oleh Yesilin selaku penggugat terhadap Bank Kalteng tidak dapat diterima alias NO (Niet Onvantkelijke Verklaard). 

“Putusannya telah kami terima via Ecourt, majelis hakim menerima eksepsi dari tergugat (PT Bank Kalteng) dan menyatakan gugatan, penggugat kurang pihak,” kata Kuasa Hukum PT. Bank Kalteng Ade Putrawibawa didampingi Berkat, di Pengadilan Negeri Palangka Raya, Rabu, 15 November 2023.

Ia menjelaskan, Gugatan PMH dengan nomor perkara 122/Pdt.G/2023/PN Plk ini telah disidangkan sejak Selasa, 15 Agustus 2023, dan akhirnya diputus pada Selasa, 14 November 2023. 

Dalam Gugatannya Penggugat menuding adanya Perbuatan Melawan Hukum dari pihak Tergugat (PT Bank Kalteng). Namun hal tersebut dibantah oleh Kuasa Hukum PT. Bank Kalteng Ade Putrawibawa dan Berkat. Ade menilai putusan Pengadilan Negeri Palangka Raya sudah tepat dan benar adanya dan sudah sepatutnya putusan tersebut NO karena kurang pihak. 

Menurut pengacara muda ini, gugatan tersebut terdapat cacat formil sebagaimana dalam pertimbangan putusan yang menyebutkan "bahwa karena gugatan Penggugat kurang pihak, maka gugatan Penggugat mengandung cacat formil, sehingga eksepsi Tergugat pada poin ini beralasan untuk diterima. Menimbang, bahwa karena telah ada eksepsi yang diterima, maka eksepsi lain tidak perlu dipertimbangkan lagi" ujarnya.

Hal senada disampaikan Berkat bahwa perkara ini sebenarnya adalah perkara waris, karena perkara ini sebelumnya pernah diajukan di Pengadilan Agama Palangka Raya sebagaimana tertuang dalam putusan nomor: 380/Pdt.P/2021/PA Plk tanggal 22 September 2021 silam.

Kedua Praktisi hukum yang diketahui dalam beberapa bulan terakhir yang juga berhasil menangani beberapa perkara PMH di Pengadilan Negeri Palangka Raya yaitu perkara nomor: 17/Pdt.G/2023/PN Plk dan perkara nomor: 30/Pdt.G/2023/PN Plk.

Ade Putrawibawa dan Berkat juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Pengadilan Negeri Palangka Raya yang telah memutus perkara secara cepat dan tepat. (APRIANDO/j)

Berita Terbaru