Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Duwel Rawing Sebut Persentase Kenaikan UMP Harus Ideal

  • Oleh Donny Damara
  • 22 November 2023 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing menyebut persentase kenaikan upah minimum provinsi (UMP) harus ideal menyesuaikan kondisi saat ini.

Artinya kenaikan UMP harus memperhatikan pertumbuhan ekonomi maupun angka inflasi tahunan, dan kondisi inilah yang harus menjadi pertimbangan sebelum menetapkan UMP.

"Menetapkan UMP tentu tidak bisa sembarangan, harus benar-benar bisa diterima semua pihak baik para pekerja maupun pemberi kerja," katanya, Rabu, 22 November 2023.

Sehingga, lanjutnya pekerja bisa memenuhi kebutuhan dan juga dunia usaha atau pengusaha bisa terus menjalankan kegiatannya tanpa harus terbebani dengan upah yang tinggi.

Menurutnya, ideal kenaikan UMP itu yakni sekitar 5 persen atau lebih sedikit, dan itu juga perlu memperhatikan kondisi kemampuan pemberi kerja.

Ia berharap, kenaikan UMP Kalteng untuk 2024 bisa benar-benar diterima dan dipertimbangkan secara matang, jangan sampai memberatkan pengusaha yang bisa membuat PHK masal.

"Kenaikan 5 persen itu juga sudah lumayan, namun terlepas dari itu kita tunggu saja kebijakan Pemprov Kalteng. Pastinya kita berharap semuanya nanti bisa menerima," imbuhnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru