Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pekebun Swadaya Binaan SSMS Dapatkan Sertifikat RSPO

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 November 2023 - 21:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pekebun Swadaya binaan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS dan PT Ecogreen Oleochemicals yakni BUMDES Berkah Mulya Jaya atau BMJ resmi mendapatkan sertifikat Roundtable Sustainable Palm Oil atau RSPO yang berlangsung di Hotel Mulya Senayan, Jakarta pada Selasa, 21 November 2023.

Sertifikat RSPO Independent Smallholder atau RISS diserahkan langsung oleh Executive Director RSPO, Joseph De Cruz kepada Direktur BUMDes Berkah Mulya Jaya, Choirul Fuadi di event tahunan Roundtable Conference-RT RSPO 2023.

Group Head Sustainability SSMS, Henky Satrio W dalam keterangan resminya pada Jumat, 24 November 2023 menyampaikan bahwa BUMDes BMJ merupakan pekebun swadaya pertama di Kabupaten Lamandau yang menerima sertifikat RSPO.

"SSMS bersama Ecogreen akan terus mendorong dan memberdayakan agar lebih banyak lagi pekebun swadaya khususnya di Kab. Lamandau untuk terlibat dalam pasar sawit berkelanjutan melalui program sertifikasi RSPO," kata Henky.

Henky berharap kemitraan bersama Ecogreen bisa menjadi role model bagi pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan praktik perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan di kalangan pekebun.

"Tentunya hal ini akan berdampak positif pada peningkatan taraf hidup petani dan sebagai upaya dalam perbaikan rantai pasok sawit yang bertanggung jawab dan dapat di telusuri," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur BUMDes Berkah Mulya Jaya, Choirul Fuadi menyampaikan rasa syukur karena perjuangan tim ICS, tim pendamping dan para petani BUMDes BMJ telah mendapatkan pengakuan dari RSPO dengan diterimanya sertifikat RSPO.

"BUMDes BMJ dalam perjalanan mendapatkan sertifkat ini, tidak luput dari dukungan kedua pendamping yakni SSMS dan Ecogreen, serta bantuan RSPO Smallholder Support Fund," Choirul menjelaskan.

Pihaknya berharap, adanya peningkatan kesejahteraan pekebun, baik melalui skema insentif angka kredit RSPO juga dengan manajemen kebun yang baik.

Menurutnya, target BUMDes BMJ kedepannya mengajak petani lainya untuk bergabung dalam gerakan ini dan sertifikasi ISPO yang merupakan mandatori atau wajib dari pemerintah Indonesia, dimana implementasi ISPO harus sudah dilakukan pada tahun yang akan datang. Juga menjawab tantangan EUDR atau Undang-Undang Deforestasi Uni Eropa.

Berita Terbaru