Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontraksi Pertambangan Sebabkan Perlambatan Ekonomi Kalteng 2023

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2023 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perlambatan ekonomi yang terjadi di Kalteng pada 2023 ini disebut lebih disebabkan oleh tekanan sektor pertambangan yang terus mengalami kontraksi selama tahun berjalan.

"Perlambatan ekonomi yang terjadi di Kalteng pada 2023 ini disebut lebih disebabkan oleh tekanan sektor pertambangan yang terus mengalami kontraksi selama tahun berjalan," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh pada Rabu, 29 November 2023 malam.

Hal ini disampaikan Taufik Saleh dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia tingkat Provinsi Kalteng pada Rabu, 29 November 2023 malam usai mengikuti PTBI nasional yang diisi arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo yang disiarkan secara langsung.

"Belum adanya pengembangan smelter bauksit di Kalteng menyebabkan pemerintah melarang pelaksanaan ekspor sehingga menyebabkan hilangnya potensi produksi bauksit sejak tahun lalu," kata Taufik.

Kedepan, lanjutnya, hilirisasi perlu menjadi perhatian bersama dalam rangka menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan di Kalimantan Tengah.

"Di sektor pertambangan, pengembangan hilirisasi batu bara menjadi produk gas, briket, maupun metalurgi dapat dikembangkan dalam mempersiapkan potensi sunset pada tahun 2030," tegasnya.

Di sektor industri pengolahan, menurut Taufik selain pengembangan pengolahan hasil tambang, pengembangan lebih lanjut pabrik pengolahan sawit berbasis teknologi medium hingga tinggi, pendirian pabrik pengolahan karet, pendirian industri pengolahan tanaman pangan, hasil ternak, dapat dilakukan guna memberikan nilai tambah dan daya saing industri Kalteng.

"Transformasi hilirisasi ini dapat mendorong kinerja sektor perdagangan di masa depan, khususnya dalam menyambut potensi kehadiran Ibukota Negara Baru (IKN) di Kalimantan," jelas Taufik.

Hadir dalam kegiatan Wakil Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo yang membacakan sambutan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, Forkopimda Provinsi Kalimantan Tengah, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Bupati, Pj Bupati/Wali Kota Se-Kalteng, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Instansi Vertikal  Provinsi  Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru