Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Desa Penda Asam Minta Solusi Pemda Menstabilkan Harga Karet dan Rotan

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Desember 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Ina Prayawati mengatakan ketika reses di Desa Penda Asam, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barsel masyarakat telah banyak menyampaikan aspirasi.

Diantara aspirasi yang disampaikan itu yakni masyarakat Desa Penda Asam meminta solusi dari pemda baik Provinsi Kalteng maupun kabupaten Barsel untuk menstabilkan harga karet dan rotan yang saat ini dininilai masih murah.

"Mayoritas masyarakat disana itu petani karet dan rotan, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka bergantung pada usaha tersebut. Saat ini mereka mengeluh karena harga karet dan rotan tidak juga kunjung stabil," katanya, Rabu, 13 Desember 2023.

Ina menuturkan, aspirasi itu sangat menyentuh dan memang sudah seharusnya agar diperhatikan, sebab sudah sejak lama harga karet dan rotan ini tidak mampu menjadi andalan ekonomi masyarakat karena harganya yang murah.

"Kita tentu prihatin terhadap harga dari komoditas usaha masyarakat ini. Bagi masyarakat pedesaan usaha itu menjadi yang utama, namun dari segi harga belum mampu untuk menopang ekonomi, jadi sudah seharusnya diperhatikan," ujarnya.

Selain itu, guna untuk menambah penghasilan masyarakat juga menyampaikan aspirasi lain yakni mengharapkan adanya bantuan pada sektor perikanan untuk usaha sampingan, karena hasil dari karet dan rotan masih kurang mencukupi.

"Masyarakat menginginkan bantuan berupa bibit ikan untuk usaha sampingan mereka, syukur-syukur jika itu berkembang bisa menjadi usaha utama. Semua aspirasi ini penting untuk diperhatikan dan ditindak lanjuti oleh pemda," imbuhnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru