Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hadapi Tantangan Pendidikan Guru Siapkan Mental

  • Oleh James Donny
  • 02 Mei 2016 - 21:06 WIB

BORNEONEWS - Pulang Pisau: Tantangan pendidikan ke depan semakin kompleks. Demikian dikatakan Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo saat ditemui usai menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau, (2/5/2016). 

'Tentunya dengan peringatan hari pendidikan saat ini, harapan kami kepada pendidik bisa mampu memaksimalkan tugas dan fungsinya untuk pengajaran karena pembinaan bukan cuma untuk ilmu pengetahuan tapi juga mental,' ujar Edy.

Menurutnya situasi negara saat ini dalam kondisi darurat narkoba, sehingga para peserta didik membutuhkan bimbingan bukan hanya pengetahuan kedisiplinan  ilmunya saja, tetapi masalah-masalah antisipasi penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang.  'Hal ini perlu kita sampaikan termasuk bahaya-bahaya yang ditimbulkannya,' kata Bupati.

Dia mengatakan juga seperti amanat menteri pendidikan Anies Baswedan, bahwa dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu. Perubahan yang terjadi begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya.

Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara hidup, bekerja, dan cara belajar. 'Meramalkan masa depan menjadi sangat sulit karena ketidakpastian perubahan yang ada. Namun harus kita pastikan kepada anak-anak kita adalah bahwa kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyampaikan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya,' ujarnya.

Salah satu dukungan kata Bupati memastikan bahwa apa yang dipelajari siswa saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. ' Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak saat ini mencakup kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi,' terangnya. (DY/*)

Berita Terbaru