Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

El Nino Berdampak Terhadap Sayuran Hortikultura, TPHP Kalteng Andalkan Kelompok Tani Food Estate

  • Oleh Marini
  • 26 Desember 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dampak El Nino yang berkepanjangan beberapa bulan lalu, telah menyebabkan penurunan produksi sayuran hortikultura. 

Dalam sektor pertanian, fenomena El Nino menjadi tantangan besar karena dapat mengganggu pola cuaca yang berdampak pada produksi pertanian dan kesejahteraan petani. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng Sunarti mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng telah mengatasi masalah ini melalui kelompok tani terutama berada di kawasan food estate.

Katanya, untuk mengantisipasi lonjakan harga sayuran di pasaran saat ini pihaknya mengadakan aksi membagikan benih sayuran gratis. 

Agar setiap petani dapat menanamnya di pekarangan mereka sendiri, bertujuan agar dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan sayuran.

"Terutama, pengembangan hortikultura di kawasan food estate Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), meliputi Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dan Kapuas membantu meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat," katanya, Selasa, 26 Desember 2023.

Menurutnya, El Nino menimbulkan kekeringan panjang sehingga akan mengganggu pasokan air, gangguan musim tanam, yang berakibat penurunan produksi penyebaran serangan hama penyakit tanaman, dan penurunan kualitas tanaman akibat pertumbuhan tanaman terganggu.

"Jenis tanaman hortikultura yaitu sayur-sayuran meliputi bayam, kangkung, dan kacang panjang," tuturnya.

Pihaknya juga terus berupaya dalam peningkatan produksi pangan di Kalteng melalui pengembangan beras IR-42 seluas 400 hektare, dengan produktivitas yang mencapai 5,5 Ton/hektare.

"Atasi El Nino kami telah memproduksi padi varietas IR42 melalui pemanfaatan teknik budidaya jarwo dan dekomposer MA- 11 organik," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru