Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DBD Menjangkit Warga Bantaran Sungai Arut di Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Desember 2023 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Arut, Kota Pangkalan Bun, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kini menghadapi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD).

Instruksi dari kecamatan dan kelurahan di area ini mendorong pelaksanaan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Warga aktif membersihkan lingkungan dan mendistribusikan bubuk abate di bak penampungan air.

Di Kelurahan Mendawai, Mendawai Seberang, Raja, Raja Seberang dan Baru, beberapa warga telah terjangkit DBD, bahkan ada yang dirawat di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

Lurah Raja Seberang, Yaumil Bahsin, mengungkapkan bahwa 4 warganya di RT 01 dan RT 03 termasuk yang terkena DBD.

"Sudah bersama warga melaksanakan bersih-bersih lingkungan dan fogging di 6 RT," kata Yaumil Bahsin, Rabu, 27 Desember 2023.

Lurah Raja, Supriyadi, menyampaikan bahwa di wilayahnya, 3 orang warga di RT 4 dan RT 5 terkena DBD.


Upaya pencegahan telah dilakukan, termasuk pembersihan rutin, pembagian bubuk abate, dan penyemprotan (fogging). Namun, belum mencakup seluruh wilayah Kelurahan Raja.

"Sampah terbawa arus sungai, menciptakan genangan tempat bertelurnya nyamuk aedes aegypti, meskipun bukan penyebab utama. Hasil penyelidikan epidemiologi yang nantinya dijadikan acuan penyebab warganya terserang DBD, bisa jadi mereka tergigit nyamuk saat dilingkungan sekolah atau dilingkungan rumah mereka," terangnya.

Selain di kelurahan Raja dan Raja Seberang, DBD juga menyeranh ke permukiman bantaran Sungai Arut di Kelurahan Mendawai. Ada 5 warga yang terjangkit DBD di Mendawai Seberang, terutama di RT 1, RT 6, dan RT 11.

"Langkah antisipasi dengan PSN dan pemberian Abate sudah kita lakukan," pungkasnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru