Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Dana Desa di Murung Raya akan Dibagi Dalam Dua Tahap

  • Oleh Supri Adi
  • 04 Mei 2016 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Murung Raya - Kabupaten Murung Raya (Mura) yang tahun ini mendapat suntikan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebanyak Rp74 miliar lebih akan disalurkan dalam dua tahap.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Mura Sarwo Mintarjo ketika menyampaikan sambutan di sebuah kegiatan di Kota Puruk Cahu mengatakan, tahap pertama penyaluran dana itu sebanyak 60%.

"Sisanya 40% akan disalurkan kemudian. Sistem penyaluran ini berbeda dari tahun 2015 lalu, yakni tahap 1, 2 masing-masing 40% dan tahap tiga sebanyak 20%," ungkap Sarwo.

Pujo menjelaskan, untuk tahun 2016 ini penyaluran dana dari APBN optimistis dapat terserap oleh semua desa karena sudah melihat dan mempelajari dari apa yang ada pada 2015.

"Tahun 2015 penyerapannya kurang maksimal karena ada satu desa yang bermasalah, yakni Desa Puruk Kambang Kecamatan Tanah Siang Selatan yang masih belum diresmikan," tambah Sarwo.

Sarwo pula mengungkapkan, untuk tahun 2016 ini dari dana sekitar Rp74 miliar. Setiap desa di Kabupaten Mura rata-rata akan mendapat bantuan Rp500 juta - Rp600 juta yang diperuntukan untuk pembangunan di masing-masing desa.

"Untuk pengelolaan anggaran desa yang setiap tahun kian meningkat, aparat desa juga telah diberikan berbagai pelatihan, seperti Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa dengan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi aparat desa," ujarnya kembali. (SUPRI ADI/m)

Berita Terbaru