Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Akan Bangun Universitas Bertaraf Internasional di Palangka Raya

  • Oleh Marini
  • 06 Januari 2024 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), akan membangun tambahan universitas bertaraf internasional di Palangka Raya.

Pihaknya menargetkan pada bulan ke-7 tahun 2024, akan dilaksanakan peletakan batu pertama.

Pembangun universitas bertaraf internasional pada awalnya dirancang di DAS Barito, namun mengalami perubahan dan akan dibangun di Ibu Kota Provinsi Kalteng yakni Palangka Raya.

Hal tersebut dikatakan oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, pada tahun 2026 pertengahan atau akhir itu sudah diresmikan.

"Tansformasi pendidikan di Kalteng dibutuhkan infrastruktur udara, yang tepat diletakkan di Kota Palangka Raya. Saya jamin universitas ini nantinya akan dibangun dengan fasilitas yang tidak kalah dengan luar negeri, dan menerima angkatan pertama 10.000 orang mahasiswa," katanya, Sabtu, 6 Januari 2024.

Ia menyebut, hal tersebut telah dikoordinasikan dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam mengembangkan kampus tersebut. 

Dalam mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Kalteng bersama Wakil Gubernur Edy Pratowo pada Desember 2024 ini, ia berharap generasi ke depan dapat menguasai teknologi dengan penyiapan sumber daya manusia handal.

"Saya berharap SDM Kalimantan Tengah ini handal, dan dosen yang mengajar pun memang benar-benar dosen yang mumpuni secara keilmuwan," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru