Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asisten Ekbang Kalteng Sebut Dua Kendala Optimalisasi Serapan Anggaran

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Januari 2024 - 20:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni menyampaikan ada dua kendala yang sering terjadi dalam serapan anggaran.

“Permasalahan penyerapan anggaran yang umumnya muncul di provinsi maupun kabupaten/kota terbagi atas kendala administratif dan kendala teknis,” sebut Sri saat mewakili Sekda Kalteng dalam Rakor TEPRA di Palangka Raya, Kamis, 18 Januari 2024.

Ia menjelaskan kendala administratif bisa saja meliputi dokumen pertanggungjawaban yang terlambat, ataupun ketidaksesuaian pelaksanaan kegiatan dengan perencanaan yang telah ditetapkan, baik kegiatan fisik maupun non fisik.

Sedangkan kendala teknis bisa berbagai macam, mulai dari belum optimalnya fungsi manajemen, yaitu fungsi monitoring dan kontroling program kegiatan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah melalui pengelola keuangan dan kegiatan agar sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Kemudian terjadinya keterlambatan proses SPJ kegiatan yang disampaikan oleh pengelola keuangan dan kegiatan yang mempengaruhi pada serapan anggaran.

Bahkan bisa dipicu pekerjaan konstruksi fisik tidak sesuai dengan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang telah ditetapkan. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru