Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Bersama Poktan Karya Tani Rumpun Bersama Panen Bawang Merah

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Januari 2024 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara bersama Poktan Karya Tani Rumpun Bersama panen bawang merah pada acara gerakan tanam cepat dalam rangka pengendalian inflasi pada Senin, 22 Januari 2024.

“Hari ini kita sudah sama-sama menyaksikan penghasilan dari kelompok tani kita Tani Rumpun Bersama, ternyata dengan lahan yang ada ini kita tanami bawang ternyata berhasil,” kata Pejabat Bupati Sukamara, Kaspinor.

Menurut dia, dengan bibit 1,8 ton, petani dapat menghasilkan bawang merah kurang lebih sebanyak 5 ton sampai dengan 6 ton dengan menggunakan lahan milik pemerintah daerah.

“Sekarang ini baru kita gunakan adalah lahan yang punya pemerintah, kurang lebih 8 hektar. Kita buka lahan semenjak awal saya dilantik langsung mengolah lahan pertanian, dan alhamdulillah cabainya jadi, terongnya bagus, kemudian juga bawangnya bagus,” tuturnya 

Kaspinor menambahkan, penggunakan lahan yang ada ditengah kota bertujuan agar aset yang dimiliki pemerintah Kabupaten Sukamara ini bisa lebih produktif.

“Jadi lahan yang dulu tidak digunakan, yang ditumbuhi semak belukar ini kita olah agar produktif,” ucapnya.

Dia menambahkan, selain melibatian petani yang sudah berpengalaman, pihaknya juga melibatkan generasi melanial dalam program pertanian yang dilaksanakan pemerintah agar terjadinya transfer pengetahuan pertanian.

"Supaya mereka disamping mendapatkan ilmu pengetahuan disekolah kejuruan bidang pertanian, tetapi mereka juga sudah ditempa dengan pengalaman-pengalaman pertanian yang kita galakan di Kabupaten Sukamara," tukas Kaspinor. (NORHASANAH/j) 

Berita Terbaru