Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Penipuan Nomor Asing Mengatasnamakan Perbankan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 28 Januari 2024 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik Persandian (Diskominfo SP) Palangka Raya Saipullah, mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang menggunakan nomor asing dan mengaku sebagai pihak perbankan.

Penipu biasanya menawarkan penggantian kartu ATM, kartu kredit, atau produk perbankan lainnya dengan alasan tertentu.

“Jangan mudah percaya dengan tawaran tersebut. Lebih baik cek kebenarannya ke kantor cabang perbankan terdekat atau hubungi call center resmi bank yang bersangkutan,” ujar Saipullah, Minggu, 28 Januari 2024.

Menurut Saipullah, penipu akan memanfaatkan ketidaktahuan atau keteledoran korban untuk mendapatkan data pribadi dan perbankan mereka, seperti nomor PIN, nomor CVV, atau kode OTP. Data tersebut kemudian digunakan untuk menguras isi rekening korban melalui transaksi online.

“Jangan pernah memberikan data sensitif seperti itu kepada siapa pun, termasuk yang mengaku sebagai pihak bank. Bank tidak pernah meminta data tersebut karena itu adalah rahasia nasabah,” tegasnya.

Saipullah menambahkan, masyarakat harus waspada terhadap nomor asing yang menyerupai nomor resmi contact center sebuah bank. Misalnya, nomor Halo BCA resmi adalah 1500888, tanpa ada awalan +62, 021, atau awalan lainnya

“Jika menerima panggilan dari nomor seperti itu, segera matikan telepon dan laporkan ke pihak berwenang. Jangan sampai terjebak dalam modus penipuan yang merugikan,” pungkasnya (PATHUR/H)

Berita Terbaru