Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Demam Berdarah Mulai Menyerang Barito Selatan, Pj Bupati: Perlu Fogging

  • Oleh Tim Borneonews
  • 01 Februari 2024 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Setelah banjir yang cukup besar menerjang Barito Selatan dan kini air sudah surut tinggal di dua Kecamatan yang masih tergenang air yakni, Kecamatan Jenamas dan Kecamatan Dusun Hilir.

Namun surutnya air atau pasca banjir ini wabah demam berdarah dengue (DBD) mulai menyerang menyerang masyarakat di Kabupaten Barito Selatan. Hal ini perlu diwaspadai oleh masyarakat agar tidak terserang nyamuk pembawa virus dengue tersebut.

Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan mengatakan, ia sudah memerintahkan untuk melakukan fogging se Barito Selatan agar DBD tidak meluas.

Memang setelah banjir mulai mereda sekarang mulai marak anak-anak yang terjangkit demam berdarah dengue atau penyakit DBD, dan itu memang biasanya muncul saat pasca banjir atau genangan air.

“Kami sedang memerintahkan kepada jajaran mulai hari ini segera dikonsolidasikan dan atur jadwal untuk melaksanakan fogging di 87 desa dan 7 kelurahan se Barito Selatan, dengan memberdayakan Puskesmas di tingkat Kecamatan, Puskesmas Desa maupun Puskesdes, berkoordinasi dengan Camat, lurah dan kepala desa," ungkapnya.

Serta, lanjut dia, didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Jaraga Sasameh Buntok. Kemudian juga diinstruksikan agar menyiagakan tenaga kesehatan seperti dokter, perawat maupun bidan. 

Selanjutnya mengecek stok obat-obatan yang terkait dengan demam berdarah. Sehingga apabila ada warga yang terkena demam berdarah bisa tertangani dan diobati dengan baik dan obat juga tersedia dengan cukup.

Jadi ujar, Deddy, ada tiga langkah yaitu melaksanakan fogging dan menyediakan obat-obatan yang cukup serta menyediakan tenaga kesehatan. Mudah-mudahan banjir segera berakhir dan demam berdarah juga cepat selesai, wabahnya mereda.

“Imbauan kepada masyarakat mari kita melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. Kalau di rumah kita atau di sekitar rumah kita ada genangan-genangan air segera dibersihkan, disisi lain juga memberantas jentik-jentik nyamuk di bak air dan lain sebagainya. Juga diharapkan dapat menghindari gigitan nyamuk seperti menggunakan obat nyamuk, baik semprot, salap oles maupun bakar dan bisa juga dengan tidur menggunakan kelambu. Sehingga lebih ideal kita dapat melindungi keluarga kita masing-masing dari nyamuk demam berdarah sehingga dapat meringankan tugas pemerintah”, ucap Pj. Bupati. (gor).

Berita Terbaru