Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Demam Berdarah makin Ganas, Dua Pasien Meninggal, Kobar Kasus Tertinggi

  • Oleh Marini
  • 01 Februari 2024 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kasus penyakit demam berdarah dengue di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) semakin ganas. Tingginya penyakit DBD ini berbanding lurus dengan masuknya musim hujan. 

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) DBD sudah merenggut dua nyawa.

Sampai pekan ketiga Januari 2024 daerah dengan kasus DBD tertinggi adalah Kotawaringin Barat (Kobar) yang menyentuh angka 295 kasus.

"Disusul Palangka Raya 70 kasus, lalu ada Barito Utara (Batara) dengan 59 kasus, Barito Timur (Bartim) 46 kasus, dan Kapuas 35 kasus," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Kalteng Riza Syahputra, Kamis, 1 Februari 2024.

Dirinya mengungkapkan, sampai dengan minggu ketiga Januari 2024, terdapat 646 kasus DBD di Kalteng. 

Jika dibandingkan dengan Desember 2023, kasus pada Januari pekan ketiga memang cukup rendah, karena pada bulan Desember, DBD di Kalteng menyentuh angka 1026 kasus. 

"Data minggu keempat bulan Januari kami belum punya, karena baru keluar di minggu berikutnya. Menurut data kami, ada dua orang yang meninggal akibat DBD se-Kalteng, dua-duanya di Barito Timur (Bartim)," bebernya.

Ia menjelaskan, kasus DBD di Bartim memang sudah menjadi catatan pihaknya. Sebab, tahun lalu Bartim sudah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) DBD. Sedangkan, untuk yang meninggal di Palangka Raya kemarin data belum masuk.

"Untuk mengatasi ini kami dari Dinkes Provinsi Kalteng bertugas menyediakan logistik dan melatih para tenaga kesehatan (nakes) yang dapat menangani DBD di setiap daerah," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru