Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Libatkan Kelompok Tani Kembangkan Bawang Merah

  • Oleh ANTARA
  • 09 Februari 2024 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat melibatkan kelompok tani dalam upaya pengembangan pertanian bawang merah.

"Salah satunya pengembangan budi daya bawang merah oleh Kelompok Tani Tunas Harapan Jaya, Desa Ipuh Bangun Jaya, Kecamatan Kotawaringin Lama sebagai upaya meningkatkan produksi bawang merah lokal," kata Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa, di Pangkalan Bun, Kamis, 8 Februari 2024.

Budi daya yang dilakukan kelompok tani ini melalui cara "green house", agar petani lebih mudah mengendalikan jumlah cahaya dan air. Selain itu, juga untuk meminimalkan adanya hama dan penyakit tanaman lain yang dapat mengganggu pertumbuhan bawang merah tersebut.

"Bangunan 'green house' merupakan bantuan 'Corporate Social Responsibility' (CSR) dari perusahaan sawit PT Bumitama Gunaja Agro, dan bibit bawang merah merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kotawaringin Barat," kata Budi.

Bupati Kobar ini menambahkan, melalui budi daya bawang merah dalam 'green house' diharapkan pertumbuhan dan produksinya dapat maksimal serta bisa sebagai sumber bibit.

"Nantinya juga akan dicoba dalam 'green house' ini budi daya bawang merah dengan menggunakan biji (bukan umbi) untuk menghemat biaya produksi," kata Budi lagi.

Dia pun mengapresiasi serta mendukung pengembangan budi daya bawang merah tersebut. Sebab, bila bawang merah tersebut berkembang dan maju, hal itu dapat mengatasi inflasi di Kobar.

"Mudah-mudahan ke depan pengembangan bawang merah di daerah ini semakin maju dan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat," kata Budi.

Kepala Dinas Pertanian Kobar Kris Budi Hastuti mengatakan, pihaknya berupaya mengembangkan budi daya bawang merah, yang saat ini ditanam merupakan program tahun anggaran 2023 seluas 12 hektare, bersumber dari APBD dua hektar dan APBN 10 hektare.

Budi daya bawah merah itu tersebar di lima kecamatan, yakni Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan, Desa Sebuai Timur Kecamatan Kumai, Desa Sungai Melawen Kecamatan Pangkalan Lada, Desa Pangkalan Banteng dan Desa Karang Sari Kecamatan Pangkalan Banteng, serta Desa Ipuh Bangun Jaya Kecamatan Kotawaringin Lama.

Berita Terbaru