Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Kalteng Laksanakan Seminar Potensi Pengembangan Industri dan Budidaya Kakao

  • Oleh Marini
  • 27 Februari 2024 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perkebunan (Disbun) Kalteng melaksanakan  seminar potensi pengembangan industri dan budidaya kakao di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Disbun Kalteng, Selasa, 27 Februari 2024. Yang dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni.

Dirinya mengatakan, Indonesia merupakan negara produsen Kakao terbesar ketiga di dunia. Sebagai tanaman tropis, Kakao sangat cocok untuk dibudidayakan dengan kultur tanah dan iklim di Indonesia.

'"Trend pasar global untuk permintaan kakao meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Namun sebaliknya, produksi Kakao dalam negeri justru mengalami penurunan dengan berbagai faktor penyebab yang berbeda," katanya, Selasa, 27 Februari 2024.

Menurutnya, kondisi ini tentunya dapat dianggap sebagai peluang yang sangat bagus bagi pengembangan Kakao di Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Untuk itu, diperlukan upaya bersama dan sinergi dari berbagai pihak. Kita masih memiliki Pekerjaan Rumah yang besar, baik dari segi transfer pengetahuan serta pengembangan ekonomi, untuk memastikan bahwa petani kita mampu menghasilkan Kakao berkualitas, ketersediaan pasar, faktor logistik, serta tentu saja komitmen dari Pemerintah Daerah," jelasnya.

Katanya, dengan bergandengan tangan, pemerintah daerah dan masyarakat maka dapat menciptakan masa depan lebih cerah bagi industri Kakao di Indonesia, terkhususnya Kalimantan Tengah, terutama untuk memberikan manfaat ekonomi signifikan bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Sementara itu, Plt Disbun Kalteng Rizky Ramadhana Badjuri menambahkan komoditas pohon kakao tidak akan menimbulkan efek sosial, berbeda dengan komoditas kelapa sawit yang kerap kali menimbulkan gesekan sosial.

"Kami juga bekerjasama dengan berbagai Universitas di Kalimantan Tengah untuk menanam kakao disekitar area lahan kampus yang kosong. Karena tanaman kakao ini rindangn dan menghasilkan, bahkan produk kakao kita ini sampai ke negera China," bebernya. 

Ia menambahkan, tanaman kakao ini juga sebagai salah satu komoditas unggulan masyarakat Kalimantan Tengah. Bahkan pada kegiatan tersebut pihaknya juga menggandeng para petani Kakao ada yang dari Kabupaten Gunung Mas, Barito Timur dan Kabupaten lainnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru