Wonderful Indonesia
 
Sabtu, 03 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Pemda Katingan Prioritaskan Penanggulangan Kemiskinan

 
 
 Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Tingkat Kabupaten Katingan, di Aula Kantor Bappeda setempat, baru-baru ini. BORNEONEWS/HAIRUL SALEH

Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Tingkat Kabupaten Katingan, di Aula Kantor Bappeda setempat, baru-baru ini. BORNEONEWS/HAIRUL SALEH

BorneoNews

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Katingan memprioritaskan paya penanggulangan kemiskinan di daerah, meskipun masih memerlukan berbagai upaya serta terobosan.

Demikian hasil Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Tingkat Kabupaten Katingan, di Aula Kantor Bappeda setempat, baru-baru ini.

Menurut Wakil Bupati Katingan Sakariyas, tindak lanjut dari rapat tersebut perlu diperhatikan semua pihak. Dia meminta, agar saran maupun pendapat yang disampaikan dalam rapat koordinasi tersebut jadi masukan untuk pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan di Bumi Penyang Hinje Simpei pada 2017.

Selain itu, lanjut Sakariyas, melaksanakan koordinasi bila diperlukan untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

"Program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan merupakan prioritas bagi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan," ujar wakil bupati.

Ia menjelaskan, dalam hal penyusunan program dan kegiatan, setiap SKPD diingatkan untuk selalu mengacu pada hal yang menjadi prioritas, bukan membagi anggaran berdasarkan struktur. 

"Hal ini perlu diketahui, mengingat jumlah anggaran pembangunan kita yang sangat terbatas. Bantuan pemerintah dan pemerintah daerah pada masyarakat miskin, hendaknya memicu agar masyarakat semakin berdaya dan memiliki kemampuan," imbuhnya.

Dia berharap, upaya penanggulangan kemiskinan jangan sampai menimbulkan ketergantungan dari masyarakat pada pemerintah dan pemerintah daerah. Hendaknya, itu akan memunculkan kemandirian masyarakat terutama di sektor ekonomi, pertanian dan wiraswasta. 

"Program dan kegiatan dalam upaya pemenuhan hak dasar masyarakat hendaknya semakin ditingkat lagi ke depannya," sebutnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2014, persentase jumlah pendudukan miskin di Kabupaten Katingan menurun 6,53% jika dibanding 2013 sebesar 6,55%. Angka kemiskinan itu belum memenuhi harapan sesuai target yang ditetapkan dalam RPJMD 2013-2018 yakni sebesar 6,45 persen. (HAIRUL SALEH/m)

 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top