Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Melalui Pelabuhan di Kalteng Didominasi Hasil Industri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2024 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Eko Marsoro mengatakan bahwa ekspor melalui pelabuhan di Kalteng selama Januari 2024 didominasi oleh hasil industri, yaitu sebesar US$57,62 juta atau 93,72 persen dari total ekspor melalui pelabuhan di Kalteng.

"Ekspor hasil industri tersebut berasal dari kelompok lemak dan minyak hewani/nabati terutama minyak kelapa sawit, lalu kayu dan barang dari kayu yakni kayu lapis dan kayu olahan, dan juga ampas atausisa industri makanan seperti bungkil dan residu," kata Eko Marsoro pada Jumat, 29 Maret 2024 menyampaikan data statistik terbaru.

Selama Januari 2024, lanjut Eko, layanan ekspor komoditas tambang melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah mencakup 1,50 persen dari total ekspor melalui pelabuhan Kalimantan Tengah.

"Sebagian besar ekspor komoditas tambang dilakukan melalui pelabuhan di luar Kalteng," katanya.

Nilai ekspor hasil tambang melalui pelabuhan Kalteng, lanjutnya, pada Januari 2024 mencapai US$0,92 juta. Ekspor hasil tambang tersebut berasal dari kelompok bahan bakar mineral atau batu bara.

"Berbeda dengan ekspor hasil tambang, ekspor produk-produk pertanian di Kalteng sebagian besar dilakukan melalui pelabuhan di Kalteng," bebernya lagi.

Selama Januari 2024, katanya, ekspor produk-produk pertanian di Kalimantan Tengah melalui Pelabuhan Kumai dan Bandara Tjilik Riwut. Nilai ekspor produk pertanian melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah pada Januari 2024 mencapai US$2,94 juta.

"Produk pertanian tersebut berasal dari kelompok bahan nabati untuk anyam-anyaman yakni hasil hutan bukan kayu lainnya, kemudian ikan dan udang yakni ikan hidup hasil budidaya, serta pohon hidup, dan bunga potong serta tanaman hortikultura lainnya," tutur Eko Marsoro. (TESTI PRISCILLA/Y)


TAGS:

Berita Terbaru