Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Tegaskan Pentingnya ISPO Sebagai Identitas Utama Industri Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 April 2024 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Penghimpunan Dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Sunari, menegaskan pentingnya Sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil yang disingkat ISPO sebagai identitas utama dalam menjadikan industri kelapa sawit Indonesia sebagai pelaku yang berkelanjutan.

"Saat ini sudah tidak relevan lagi membandingkan ISPO dengan RSPO atau Roundtable on Sustainable Palm Oil atau sebaliknya. Mari kita miliki jati diri ISPO dan menjadi sawit berkelanjutan versi Indonesia, kami hanya mengikuti kebijakan yang sudah ditetapkan," kata Sunari, dalam rilis BPDPKS pada Minggu, 7 April 2024.

Menurut Sunari, sebelumnya BPDPKS hanya memberikan biaya untuk sertifikasi melalui pendanaan dan pembiayaan Lembaga Sertifikasi atau LS dalam proses sertifikasi.

"Namun, kini pendekatan tersebut telah berubah. BPDPKS akan memperbaiki prosesnya dengan memberikan penguatan kepada petani untuk memulai proses ISPO," tuturnya lagi.

Pihaknya bahkan terus mendorong inisiatif ini karena prinsip ISPO yang terus membangun.

"Saat ini kita akan memberikan pelatihan kepada petani terlebih dahulu tentang legalisasi, dan syarat ISPO lainnya sebelum akhirnya mereka memperoleh ISPO. Kami mendorong petani untuk mengadopsi ISPO," tegas Sunari.

Dengan pendekatan baru ini, lanjutnya, diharapkan lebih banyak petani kelapa sawit akan terlibat dalam proses sertifikasi ISPO, sehingga industri kelapa sawit Indonesia dapat terus meningkatkan standar keberlanjutannya dan menjadi pemain utama dalam pasar global yang menghargai prinsip-prinsip keberlanjutan.

"Langkah BPDPKS ini diharapkan dapat mempercepat transformasi industri kelapa sawit Indonesia menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan," bebernya. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru