Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Puntun Palangka Raya

  • Oleh Marini
  • 09 April 2024 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyerahkan bantuan berupa sembako dan bantuan dana kepada masyarakat yang terdampak musibah kebakaran di Puntun Gang Sayur Sari Palangka Raya. Penyerahan bantuan berlangsung di halaman Puskesmas Pahandut Palangka Raya, Selasa, 9 April 2024.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo menyerahkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang terdampak. Kegiatan tersebut dihadiri oleh masing-masing SOPD Pemprov Kalteng dan Pemko Palangka Raya.

Edy mengatakan, bantuan berupa sembako untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan makanan dan minumannya, baik itu selama berada di posko maupun yang bertempat tinggal menumpang sanak saudara. Bantuan dana tersebut Rp15 juta per KK berasal dari dana Bantuan Tidak Terduga (BTT).

"Jadi, ini bantuan rasa peduli Pemperintah Provinsi terhadap korban kebakaran. Dan dana berasal dari BTT telah dianggarkan untuk emergency baik itu kebakaran, banjir, bencana alam dan sebagainya," katanya.

Jelasnya untuk sembako jenis beras diberikan 5Kg/KK. Dan untuk relokasi katanya akan disesuaikan dengan kondisi lapangan baik itu dari segi mata pencarian, legalitas tanah, dan kerjasama dengan Pemko Palangka Raya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H Nuryakin menambahkan bantuan tersebut kiranya masyarakat dapat merasakan hadirnya Pemprov Kalteng di bawah kepemimpinan Gubernur H Sugianto Sabran dan Wakilnya H Edy Pratowo.

"Karena besok akan ada Hari Raya Lebaran kami persilakan masyarakat untuk tinggal di posko ini, bahkan adanya bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat. Untuk bantuan dana Rp15 juta per KK diberikan secara pertahap berdasarkan data dari RT masing-masing," tandasnya.

Kebakaran terjadi di Puntun Gang Sayur, Minggu petang, 7 April 2024, menyebabkan kerugian besar bagi warga Kelurahan Pahandut, Kota Palangka Raya. Dalam peristiwa ini sebanyak 26 rumah dan 4 barak terbakar.

Akibatnya sekitar 40 Kepala Keluarga dan 133 jiwa dari RT 1 RW 27, RT 2 dan 3 RW 11 kehilangan tempat tinggal. (MARINI/j)

Berita Terbaru