Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Gunung Mas Ajak Generasi Muda Menjaga Pergaulan hingga Hindari Menikah Dini

  • Oleh Riska Yulyana
  • 13 April 2024 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing mengajak dan mengimbau generasi muda agar menjaga pergaulan hingga menghindari pernikahan di usia anak.

"Pergaulan harus dijaga, termasuk menghindari pernikahan terlalu dini hingga seks bebas. Sebab itu bisa menghambat masa depan," ujar Efrensia, Sabtu, 13 April 2024.

Dia melanjutkan, jika seorang anak baru menyelesaikan bangku SMP atau masih duduk di bangku SMA memilih menikah, bagaimana dia bisa meneruskan pendidikan dan menggapai cita-citanya.

"Sebaiknya waktunya sekolah ya sekolah, menikah itu akan ada saatnya. Jika masih dalam usia sekolah, sebaiknya manfaatkan untuk menempuh pendidikan dan mengerjakan hal positif lainnya," papar Efrensia.

Lebih lanjut, Efrensia mengimbau generasi muda di Gunung Mas tidak menikah terlalu dini karena agar mereka menyiapkan diri. Sebab menikah kata Wakil Bupati itu memerlukan kesiapan fisik, mental hingga finansial.

Jika nekat menikah terlalu dini atau menikah di usia anak, perkembangan fisik perempuan belum siap untuk memiliki anak dan bisa melahirkan bayi dengan kondisi stunting. 

Belum lagi pihak laki-lakinya apakah sudah siap secara mental untuk menjadi seorang suami yang mencari nafkah dan menjadi ayah. (RISKA YULYANA/j)

Berita Terbaru