Wonderful Indonesia
 
Jumat, 09 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Antisipasi Rabies 1.460 Anjing Di Barito Selatan Telah Divaksinasi

 
 
Seorang warga pemilik anjing sedang membawa anjingnya berjalan-jalan. BORNEONEWS/URIUTU DJAPER

Seorang warga pemilik anjing sedang membawa anjingnya berjalan-jalan. BORNEONEWS/URIUTU DJAPER

BorneoNews

BORNEONEWS, Barito Selatan - Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran penyakit rabies, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Barito Selatan (Barsel) telah menyuntik vaksin kepada 1.460 ekor anjing. 

Kepala Distanak Barito Selatan Ibarata mengatakan, dari enam kecamatan yang ada di Barito Selatan, tiga kecamatan di antaranya penduduk yang memelihara anjing. Tiga kecamatan itu yakni Kecamatan Dusun Selatan, Gunung Bintang Awai, dan Dusun Utara.

“Untuk mengantisipasi dan menanggulangi penyebaran rabies kami telah melakukan vaksinasi terhadap 1.460 anjing peliharaan serta melakukan eliminasi pada anjing liar tanpa pemilik,” kata Ibarata kepada Borneonews, Jum’at (27/5/2016).

Menurut dia, kasadaran warga mulai meningkat untuk melakukan vaksin anjing-anjing peliharaan mereka. Dengan begitu sangat membantu pihaknya dalam melakukan vaksin tersebut.  

Sebelumnnya, Distanak menargetkan 3.200 vaksinasi massal terhadap hewan penular rabies secara bertahap pada tahun 2016 ini mulai dilakukan dari Mei hingga Desember.  

Ia menyebutkan, pelaksanaan vaksin telah dilakukan mulai dari awal Mei. Para petugas turun ke lapangan untuk melakukan vaksinasi 1.460 hewan penular rabies.

“Kita optimistis target vaksinasi 3.200 hewan penular rabies pada akhir tahun nanti akan tercapai,” tandasnya. 

Ia pun mengimbau kepada warga pemilik hewan khususnya anjing, agar berhati-hati dalam memindahkan anjing, meminta, mengambil, memungut dan membeli anjing karena ciri-ciri anjing yang rabies saat ini sudah berbeda dengan yang dulu dikampanyekan. 

Ia juga mempersilakan masyarakat  bila ingin memvaksin kucingnya jika merasa khawatir terjangkit rabies. (URIUTU DJAPER/m)

 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top