Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota BPD se-Barito Utara Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD

  • Oleh Ramadani
  • 29 April 2024 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Badan Musyawarah Desa (BPD) di Kabupaten Barito Utara, di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Senin, 29 April 2024.

Kepala Dinas PMD Kalteng, H Aryawan melalui Kepala Bidang Kelembagaan, Perkembangan Desa dan Pelayanan Sosial Dasar pada Dinas PMD Kalteng, Akhmad Suwandi menyampaikan, dalam mengantisipasi tantangan maupun peluang di era modern ini, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas dengan tetap berdasar pada prinsip-prinsip keberlanjutan, keterpaduan demokratis dan berkeadilan yang juga merupakan komitmen global dan tuntutan reformasi. 

“Untuk itu, anggota Badan Permusyawaratan Desa sebagai lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan. Anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis sebagaimana tercantum dalam Permendagri 110 Tahun 2016 tentang BPD,” kata Ahmad Suwandi. 

“BPD sebagai pengawal aspirasi mendorong terwujudnya aspirasi masyarakat, harus sungguh-sungguh memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ucap Suwandi membacakan sambutan tertulis Kadis PMD Kalteng.

Dirinya juga mengatakan bahwa kehadiran BPD dapat memantau, menganalisis, melaporkan kualitas pelayanan publik, hak warga, pendidikan, kesehatan, budaya, lingkungan, dan lainnya. 

“Terkait hal itu, melalui kegiatan ini, saya mengharapkan adanya manfaat yang diperoleh khususnya terkait tugas pokok dan fungsi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sehingga benar-benar mampu menjalankan tugas secara optimal bagi peningkatan kapasitas masing-masing peserta,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PMD Kabupaten Barito Utara, Suparmi A Aspian menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan program peningkatan kapasitas BPD di Barito Utara.

Dia juga mengharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Kalteng ini dengan sebaik-baiknya dan aktif bertanya jika ada yang blum jelas.

“Dan yang paling penting agar BPD selalu menjaga keharmonisan dengan pemerintah desa. Jika ada masalah dalam penyelenggaraan pemerintahan agar diutamakan dan diselesaikan dalam forum musyawarah, jangan saling menghakimi dan mencari pembenaran masing-masing,” pungkasnya. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru