Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prevalensi Stunting di Kapuas Alami Penurunan Cukup Signifikan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 April 2024 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Angka prevalensi stunting di Kabupaten Kapuas mengalami penurunan cukup signifikan menjadi 16,2 persen berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 yang baru-baru ini dirilis Kementerian Kesehatan.

Sejak 2021 - 2023 prevalensi stunting menujukkan trend penurunan, pada 2021 di angka 25 persen kemudian pada 2022 turun menjadi 20,1 persen dan 2023 menjadi 16,2 persen.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi mengatakan sangat bersyukur bahwa stunting di akapuas dapat diturunkan dan menjadi salah satu kado yang sangat menggembirakan disaat Kabupaten Kapuas merayakan Hari Jadi yang ke-218 Kota Kuala Kapuas.

"Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua stakeholder dan peran masyarakat atas penurunan stunting, hal ini menunjukkan semua usaha yg dilakukan pemerintah semakin masif memberikan hasil yang memadai," katanya, Selasa, 30 April 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr. Tonun Irawaty Panjaitan menyambut gembira penurunan prevalensi stunting Kabupaten Kapuas. 

Dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada stakeholder terkait terutama semua UPT Puskesmas yang sudah berusaha serius menjalankan intervensi spesifik stunting di wilayah kerjanya masing-masing.

Meski demikian, dia tetap mengharapkan agar cakupan intervensi spesifik terus dapat ditingkatkan mengingat target RPJMN bahwa 2024 prevalensi stunting harus ditekan sampai 14 persen dan tetap akan jadi salah satu program prioritas pemerintah selanjutnya. (DODI/H)

Berita Terbaru