Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kotim Evaluasi Pelaksanaan Pemilu 2024

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 30 April 2024 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - KPU Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengevaluasi pelaksanaan Pemilu 2024 untuk seluruh tahapan, Selasa, 30 April 2024.

"Kami menerima masukan dan saran yang konstruktif dalam setiap tahapan Pemilu mulai dari perencanaan, pemutakhiran data pemilih, pendaftaran partai politik, pendaftaran bakal calon anggota legislatif, termasuk tahapan pemungutan hingga rekapitulasi," kata Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi.

Evaluasi tersebut digelar di Aquarius Boutique Hotel dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotim Sanggul Lumban Gaol, perwakilat OPD terkait, Partai Politik, tokoh agama, tokoh muda, pemilih pemula dan awak media.

Dalam evaluasi tersebut, KPU Kotim mendapat sejumlah masukan melalui diskusi diantaranya kehadiran saksi saat pemungutan hingga rekapitulasi hasil pemilu, netralitas ASN, dan BPJS untuk penyelenggara pemilu hingga tingkat desa.

"Harapan kita ada masukan saran ini untuk perbaikan ke depan terutama yang menjadi konsen kami dalam waktu dekat adalah pelaksanaan Pilkada 2024," ucapnya.

Lanjutnya, salah satu indikator kesuksesan Pemilu adalah partisipasi pemilih. Tahun ini, partisipasi pemilih mengalami peningkatan menjadi 80 persen dari tahun Pemily 2019 yang hanya mencapai 74,64 persen.

"Capaian ini bukan hanya kerja KPU, tetapi seluruh pihak baik pemerintah daerah maupun partai politik yang memiliki Calon Legislatif," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru