Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim 1011 Kuala Kapuas Gelar Tes Kesegaran Jasmani Prajurit

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 Mei 2024 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kodim 1011 Kuala Kapuas melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas) UKP dan Periodik semester I bagi jajaran prajurit TNI pada Kamis, 2 Mei 2024.

Sebanyak 111 personel Kodim yang terdiri dari 52 personel melaksanakan UKP, dan 59 personel melaksanakan tes Garjas Periodik I yang diselenggarakan oleh Pembina kesegaran jasmani Kodim Kapuas dengan assessment dan pengawasan dari Jas Korem 102/Pjg. 

Tes kesegaran jasmani meliputi Samapta A yakni lari 12 menit yang dilaksanakan di area Stadion Panunjung Tarung, dilanjutkan di Makodim untuk Samapta B yaitu pull up, sit up, push up selama 1 menit, dan shuttle run serta ketangkasan renang dasar sejauh 50 meter yang dilaksanakan di Kolam Renang Saka Purun.

Sebelum pelaksanaan, para personel yang mengikuti Garjas ini terlebih dahulu dicek kesehatannya oleh tim kesehatan dari Poskes Kodim dan pengisian blangko Samapta yang dilanjutkan dengan senam peregangan dan pemanasan. 

Dandim 1011 Kuala Kapuas, Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto mengatakan tes Garjas ini wajib dilakukan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kebugaran fisik masing-masing prajurit sekaligus untuk mengetahui tingkat pembinaan fisik. 

"Kondisi fisik yang prima akan menentukan hasil sidang UKP, dengan adanya garjas juga dapat diketahui sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh satuan, sekaligus sebagai bahan evaluasi," katanya.

Dandim juga mengingatkan selama kegiatan berlangsung agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan sesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing prajurit. (DODI/j)

Berita Terbaru