Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Perintahkan Drainase di Jalan RA Kartini Dibangun

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 Mei 2024 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor intruksikan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (SDABMBKPRKP) untuk membangun drainase sekunder di Jalan RA Kartini Sampit.

"Saluran primer kita sudah cukup bagus tetapi saluran sekunder maupun tersier seperti saya lihat di kanan kiri Jalan RA Kartini drainasenya tertutup semua," kata Halikinnor, Jumat, 3 Mei 2024.

Ia meminta dinas terkait menghitung anggaran kebutuhan untuk membangun drainase dengan sistem precast agar air lancar mengalir menuju 2 sungai yang melalui Jalan RA Kartini. 

Sebelumnya, dia meninjau drainase di jalan tersebut. Ia menemui drainase menyempit bahkan ada yang tertutup bangunan warga.

"Ini menyebabkan air tidak mengalir sehingga membuat banjir padahal sungai di kanan kiri sudah ada sungai yang lancar," ucapnya. 

Jalan RA Kartini tergenang banjir cukup tinggi setelah hujan deras menerjang bersamaan pasang sungai. Banjir menggenang cukup lama dan perlahan surut akibat drainase yang tidak lancar.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga saluran drainase sekunder dan tersier. Karena upaya pemerintah daerah melakukan normalisasi sungai tidak akan memberikan efek maksimal jika drainase yang berada di perumahan dan permukiman tidak lancar. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru