Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kotim Kerahkan Posko Keliling Bantu Korban Banjir

  • Oleh ANTARA
  • 04 Mei 2024 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah mengerahkan posko keliling untuk memberikan bantuan layanan kesehatan bagi warga yang terdampak banjir di sekitaran Sampit. 

“Sudah beberapa hari ini kami melakukan posko mobile. Jadi kami berkeliling mendatangi rumah-rumah warga untuk memberikan layanan kesehatan,” kata Kepala Dinkes Kotim Umar Kaderi di Sampit, Sabtu, 4 Mei 2024. 

Ia menyampaikan, posko keliling atau mobile ini guna menindaklanjuti arahan Bupati Kotim Halikinnor, agar dinas kesehatan bersiaga untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan bagi warga yang terdampak banjir, terutama untuk warga lanjut usia dan stroke yang mobilitasnya terbatas. 

Ada tiga armada yang dikerahkan untuk memberikan pelayanan kesehatan keliling, yakni armada dari Puskesmas Ketapang I dan Baamang I.

Sejauh ini ada sejumlah warga yang mendapat pelayanan kesehatan. Penyakit yang rawan menyerang warga yang terdampak banjir, seperti gatal, diare hingga muntaber, namun hingga saat ini belum terdeteksi. 

Justru yang banyak dikeluhkan adalah penyakit tidak menular (PTM), seperti diabetes, hipertensi dan nyeri otot. Menurutnya, penyakit ini merupakan penyakit bawaan yang sudah diderita warga sebelum terjadi banjir, akan tetapi karena banjir warga tidak bisa berobat ke puskesmas atau rumah sakit. 

“Jadi untuk penyakit yang disebabkan banjir, sampai saat ini belum terdeteksi, tapi kami tetap antisipasi,” ujarnya 

Posko keliling sementara ini memang hanya dilaksanakan di wilayah perkotaan, sedangkan untuk wilayah luar kota ditangani oleh puskesmas masing-masing. 

Menurut dia, setiap puskesmas, terutama yang berada di kawasan rawan banjir sudah terbiasa dan siap menghadapi situasi banjir. Sementara, untuk wilayah perkotaan memang baru kali ini mengalami banjir cukup parah sehingga Dinkes perlu bersiaga. 

Dia menyadari kemungkinan tidak semua lokasi banjir yang terjangkau oleh posko keliling. Oleh sebab itu ia meminta kerja sama dari masyarakat apabila ada warga yang sakit dan membutuhkan penanganan medis agar dapat menghubungi nomor darurat Dinkes atau Public Safety Center (PSC) di 119 agar petugas medis bisa datang ke lokasi. 

Di tempat berbeda, Camat Mentawa Baru Ketapang Irpansyah menyampaikan bahwa ada beberapa warga yang mulai mengeluhkan sakit muntaber diduga imbas dari banjir. 

Berita Terbaru