Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PLN UID Kalselteng Lakukan Pemeliharaan Gardu Tanpa Pemadaman Listrik

  • Oleh ANTARA
  • 05 Mei 2024 - 10:11 WIB

BORNEONEWS, Banjarbaru - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) melakukan pemeliharaan gardu tanpa pemadaman guna meningkatkan keandalan pasokan listrik sehingga tidak mengganggu saluran listrik pelanggan.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin, Sabtu 4 Mei 2024 mengatakan masyarakat di Banjarmasin Kalsel dan Palangka Raya Kalteng tetap dapat menikmati aliran listrik saat proses pemeliharaan "Gardu Tanpa Padam".

"Metode pemeliharaan ini pertama kalinya dilakukan baik di wilayah Kalsel maupun Kalteng sehingga akan menjadi cara prioritas apabila akan melakukan pekerjaan sejenis untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujarnya.

Joharifin menjelaskan pemeliharaan gardu dan infrastruktur kelistrikan lain dilakukan secara periodik menjadi kebutuhan dalam rangka menjaga kualitas pasokan listrik, serta mencegah terjadi gangguan yang disebabkan kondisi internal peralatan.

Ia menyebutkan sebanyak 29 personel gabungan yang terdiri dari tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), kemudian Tim Pemeliharaan Teknis PLN, dan mitra kerja pelayanan teknik diturunkan untuk memelihara gardu.

Saat melakukan pekerjaan tanpa padam, kata dia, tentunya petugas sudah dibekali sejumlah peralatan kerja dan alat pelindung diri yang tentu sudah memenuhi standar keselamatan ketenagalistrikan.

Selain itu, semua langkah kerja dipandu dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) agar pekerjaan tetap aman walau pun dalam keadaan bertegangan sehingga petugas aman dan aliran listrik tidak padam.

"Personel juga didukung armada dan peralatan yang canggih seperti unit High Voltage Insulated Skylift atau crane PDKB sentuh langsung, Unit Gardu Bergerak (UGB), serta Unit Gardu Portal," tuturnya.

PLN UID Kalselteng juga menyiapkan para pengawas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang sudah bersertifikat untuk memastikan pekerjaan bisa berjalan aman dan pemenuhan keselamatan personel karena tidak ada yang lebih berharga dari jiwa manusia.

Joharifin menekankan pihaknya terus berupaya menambah peralatan pendukung bagi unit PLN lainnya agar pekerjaan seperti ini bisa dilakukan di seluruh wilayah kerja PLN UID Kalselteng.

“Alhamdulillah pekerjaan pemeliharaan tanpa padam berjalan lancar tanpa ada kendala dan tidak padam sedikit pun, seluruh petugas juga aman. Metode ini akan kami lakukan secara rutin," ujarnya.

ANTARA


TAGS:

Berita Terbaru