Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Kalteng Pamerkan Sawit dan Kakao Pada Kalteng Expo 2024

  • Oleh Marini
  • 12 Mei 2024 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perkebunan (Disbun) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti Kalteng Expo Tahun 2024 yang digelar pada 11-15 Mei 2024 yang dipusatkan di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya.

Disbun Kalteng menampilkan pameran komoditas unggulan sawit dan kakao. Menargetkan pengembangan perkebunan dan mengangkat nilai tukar petani maka dipilihlah kedua komoditas tersebut, sesuai dengan tujuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menggerakkan roda perekonomian masyarakat dalam bidang perkebunan.

"Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong perkembangan budidaya perkebunan rakyat Disbun terus memberikan perhatian terhadap peran kelembagaan petani dengan memberikan dorongan dan motivasi untuk mengembangkan usaha," kata Kadisbun Provinsi Kalteng Rizky R. Badjuri, Sabtu malam, 11 Mei 2024.

Jelasnya, beberapa tahun terakhir permintaan sawit dan kakao di pasar global mengalami tren peningkatan secara signifikan. Kondisi ini dapat dianggap sebagai peluang yang sangat bagus bagi pengembangan sawit dan kakao di Kalteng, untuk itu diperlukan upaya bersama dan sinergi dari berbagai pihak.

Dengan digelarnya Kalteng Expo diharapkan dapat memacu produk lokal agar terus meningkatkan kualitas, kreativitas, dan produktivitas, sehingga mampu menarik calon pembeli dan investor untuk melakukan transaksi dagang dan investasi di Kalteng, dalam bidang perkebunan.

Adanya pameran tersebut diharapkan mendorong para pelaku usaha perkebunan untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar, serta meningkatkan inovasi dan nilai tambah produk, seperti produk ramah lingkungan, produk peduli kesehatan, hingga melahirkan brand atau merk baru, dan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM di sektor jasa maupun peningkatan nilai perkebunan.

"Juga sebagai sarana edukasi untuk masyarakat luas sebagai langkah mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja di Kalimantan Tengah, bahwa kedua komoditas ini bisa dikembangkan dan menunjukan bahwa perkebunan kita saat ini yang memiliki manfaat signifikan menonjol adalah sawit dan kakao,” tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru