Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bumdes Desa Sungai Kapitan Andalkan Pabrik Tepung Ikan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 09 Juni 2016 - 21:54 WIB

BORNEONEWS- Pangkalan Bun -  Desa Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, akan mengandalkan beberapa potensi desa yang ada di wilayah administrasinya, sebagai target usaha yang bakal di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Salah satunya adalah pabrik tepung ikan, yang dibangun oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pabrik yang bakal memproduksi tepung ikan sebagai bahan campuran pakan ikan ini mampu berproduksi hingga 10 ton per hari.

"Bumdes sudah kami bentuk, rencananya potensi-potensi unggulan di desa kami bakal berada di bawah pengelolaan Bundes," ujar Kepala Desa (Kades) Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar, Mulkan, di ruangannya, Kamis (9/6/2016).

Ia menjelaskan lebih lanjut, kenapa pabrik tepung ikan tersebut akan menjadi sektor andalan Bumdes mengingat bahwa Desa Sungai Kapitan, yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Kumai, kaya dengan hasil perikanan yang melimpah. Limbah-limbah ikan yang tidak digunakan seperti kepala ikan, isi perut ikan atau pun ikan-ikan kecil yang tidak mempunyai nilai potensi akan dibeli dan digunakan sebagai bahan baku.

"Selain dari Kumai sendiri bahan baku nantinya akan di drop dari nelayan di pesisir pantai, sementara untuk hasil produksinya sendiri rencananya akan di lempar ke Sidoarjo dan Banjarmasin," cetus Mulkan.

Selain pabrik tepung, sektor UMKM juga menjadi target dari Bumdes, seperti jajanan tradisional yang menjadi ciri khas Kumai, yaitu amplang yang berbahan dasar ikan tenggiri. Bumdes kemungkinan besar akan masuk dalam penyediaan jasa pengadaan bahan bakunya.

Tidak hanya itu, sektor pertanian dan holtikultura serta sektor perkebunan juga akan mereka rangkul. Mengingat sektor perkebunan terutama perkebunan sawit luasannya sangat besar. Dalam bidang ini Bumdes dapat berperan dalam menampung hasil panen masyarakat serta penyediaan pupuk.

" Bumdes nanti bisa kita arahkan untuk penampungan hasil panen sawit serta penyediaan pupuk," kata Mulkan.

Mulkan berharap dengan dikelolanya beberapa potensi unggulan yang ada di Kecamatan Kumai di bawah Bumdes maka selain dapat meningkatkan pendapatan asli desa untuk pembangunan desa Kapitan juga dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat dan yang terpenting dapat meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat desa Sungai Kapitan. (KK/*)

Berita Terbaru