Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Kalteng Siapkan Rp1,7 Triliun untuk Penukaran Uang Kecil

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Juni 2016 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah menyiapkan Rp1,7 triliun untuk melayani penukaran uang kecil di bulan Ramadan 2016 dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah. Dana sebesar itu telah disebar di seluruh Kalteng, baik melalui perbankan maupun kas keliling BI di daerah-daerah yang tidak memiliki bank.

"Kalau di Jawa kan ada yang memperjualbelikan uang, katanya sih penukaran tapi kan kita tukar uang Rp50.000 tidak kita terima sejumlah itu. Ada jasa yang harus dibayar. Kalau di Kalteng tidak begitu, karena sudah gampang penukaran kita di kas keliling. Dananya kita siapkan Rp1,7 triliun," ungkap Muhamad Nur, Kepala Perwakilan BI Kalteng kepada Borneonews, di Palangka Raya, Rabu (22/6/2016)..

Menurutnya selain di tempat yang tidak memiliki bank, kas keliling juga ditempatkan di lokasi-lokasi yang ramai didatangi masyarakat seperti pasar, pelabuhan dan terminal. Ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan adanya jual-beli uang.

"Kita sadar bahwa kebutuhan masyarakat meningkat mendekati hari besar ini terlebih kebutuhan akan uang pecahan kecil. Ya untuk belanja, ya untuk bayar ini itu di tempat ramai, juga untuk memberi anak-anak kecil waktu mudik kan. Makanya kita sudah antisipasi ini," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Muhamad Nur. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru