Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PU Diminta Cek Jalan Menjelang Lebaran

  • Oleh M. Rifqi
  • 26 Juni 2016 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur yang membidangi masalah infrastruktur jalan dan jembatan serta perhubungan meminta kepada instansi terkait untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi jalan menjelang lebaran tahun ini.

'Kami harapkan pemerintah kabupaten, dalam hal ini dinas pekerjaan umum, dinas perhubungan, dan instansi terkait lainnya melakukan pengecekan dan mengevaluasi jalan raya yang mengalami kerusakan dan jalan-jalan yang dianggap selama ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas," kata Ketua Komisi IV DPRD Kotim Jainudin Karim, saat dihubungi, Minggu (26/6/2016).

Menurut dia, kondisi jalan raya terutama lintas kecamatan dan kabupaten kini masih ada yang sedang dalam proses pekerjaan. Karena itu, Dinas PU kabupaten diminta untuk melakukan koordinasi dengan dinas PU provinsi terkait perbaikan di jalan-jalan yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi. Sedangkan di jalan kabupaten, Dinas PU kabupaten diminta mempercepat perbaikan, serta melakukan pemetaan jalan-jalan yang kondisinya tidak sempurna.

"Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan para pengguna jasa, khususnya yang akan mudik Lebaran, maka pemerintah segerah melakukan pemetaan wilayah yang dianggap sudah baik dan belum," ujar politisi Partai Gerindra itu.

Apabila perlu, kata Jainudin instansi terkait harus memasang peta yang berukuran tertentu di jalan. Tujuannya guna membantu masyarakat pengguna jalan untuk tidak terjebak dalam kondisi jalan yang sedang dalam pekerjaan.

"Dengan dilakukan pengecekan dan perbaikan jalan yang mengalami kerusakan, masyarakat yang akan mudik dalam menjelang Idul Fitri mendatang tidak lagi ada kekhawatiran di jalan," ucapnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Golkar Rudianur, mengatakan di wilayah selatan Kotawaringin Timur, yakni di sepanjang Jalan HM Arsyad masih banyak ditemui titik-titik kerusakan jalan. Padahal jalan ini merupakan jalan antara kabupaten yang menghubungkan Sampit-Kuala Pembuang.

Dia berharap jalur tersebut juga diperbaiki. Karena selain menjadi jalur arus mudik, jalan ini juga sudah pasti akan ramai setiap usai lebaran dan libur panjang. Karena akan banyak masyarakat  yang akan menuju obyek wisata Pantai Ujung Pandaran untuk rekreasi. (RIFQI/m) 

Berita Terbaru