Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada! Kasus Gigitan Anjing Marak Lagi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 Juli 2016 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasus gigitan anjing di Kabupaten Kotawaringin (Kobar) Barat mulai marak lagi. Hingga hari terakhir pada Juli ini, tercatat sudah 11 warga kobar menjadi korban gigitan. 

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kobar Haryo Prabowo, Sabtu (23/7/2016) empat warga Desa Makarti Jaya, Kecamatan Pangkalan Lada, kembali menjadi korban gigitan anjing.

"Sebelumnya Rabu (20/7/2016) juga terjadi kasus serupa Desa Pandu Senjaya Kecamatan Pangkalan Lada. Satu warga di kabarkan menjadi korban gigitan anjing. Di desa yang sama, sekitar awal Juli ini juga ada tujuh orang lagi yang menjadi korban gigitan. Sehingga total korban gigitan anjing untuk bulan ini berjumlah 11 orang," jelasnya, Minggu (24/7/2016).

Walau demikian, lanjutnya, seluruh korban telah mendapatkan vaksin anti rabies (VAR) di p[uskesmas terdekat.  

'Pasca mendapatkan informasi adanya kasus gigitan anjing, kami kemudian berkoordinasi dengan Dinkes Kobar. Berdasarkan informasi yang juga kami dapatkan dari pihak Dinkes, korban telah mendapatkan pertolongan pertama sekaligus suntik vaksin di Puskesmas Runtu,' jelasnya.

Sedangkan dua ekor anjing yang menggigit korban, telah dibunuh masyarakat. Lalu kepalanya diserahkan kepada petugas Dinas Kesehatan Kobar.

'Otak anjing tersebut akan kami kirimkan Senin (25/7/2016) ke Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner (BPPV) Regional V Banjarbaru di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium dan Klinik Hewan di Palangka Raya," jelasnya. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru