Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Unit Mesin Panen Padi Bantuan Pusat Siap Disalurkan Distanak

  • Oleh James Donny
  • 25 Juli 2016 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kementerian Pertanian memberikan bantuan kepada kelompok tani di Kabupaten Pulang Pisau berupa lima unit mesin panen padi. Ini dalam rangka upaya mendukung program ketahanan pangan di Kalimantan Tengah. khususnya di Kabupaten Pulang Pisau,

"Kami bersyukur, bahwa pemerintah pusat terus memberikan perhatian kepada kelompok-kelompok tani yang ada di wilayah Pulang Pisau mulai dari hand traktor, alat tanam padi, pupuk, benih padi, mesin pompa, hingga mesin alat panen super cangih," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Juman melalui Kabid Sarana dan Prasarana Ibrahim, Senin (25/7/2016).

Menurut Ibrahim, bantuan lima unit mesin panen padi ini merupakan bantuan langsung dari Kementrian Pertanian untuk lima kelompok tani di Kecamatan Pandih Batu dan Maliku.

"Kelompok tani yang mendapatkan  bantuan ini ditentukan oleh Kementrian Pertanian. Dinas Pertanian Kabupaten hanya menyalurkan kepada kelompok tani saja," kata Ibrahim.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, mesin penen padi ini super canggih. Mesin ini digunakan untuk memanen padi dan memprosesnya hingga memasukkan ke dalam karung dan siap masuk ke penggilingan padi. Dalam satu jam saja, kata Ibrahim, mesin ini dapat bekerja dan memanen padi seluas satu hektar.

"Soal harga mesin ini memang cukup mahal. Satu unit bisa mencapai Rp400 juta, tetapi fungsi dan kegunaannya sangat menghemat waktu, tenaga, biaya, dan hasilnya jauh lebih menguntungkan bagi petani," ujarnya (JAMES DONNY/m))

Berita Terbaru