Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Warga Penerima PKH Serbu Kantor Pos

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Juli 2016 - 11:21 WIB

BORNOENEWS, Kasongan- Puluhan warga Kasongan Kabupaten Katingan ramai-ramai menyerbu kantor pos setempat guna pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH), Selasa (26/7/2016).

Menurut pantauan Borneonews, puluhan warga itu antre di Kantor Pos Katingan Hilir Jalan Revolusi sejak pukul 07.30 Wib.

Juliansyah, pendamping PKH Kecamatan Katingan Hilir menuturkan jika pencairan PKH itu adalah tahap kedua di 2016 ini.

"Untuk Kecamatan Katingan Hilir pencairannya di Kantor Pos Kasongan ini," sebut Juliansyah, disela-sela penyaluran PKH.

Menurutnya besaran dana program PKH per kepala keluarga (KK) berbeda-beda, tergantung jumlah anak yang menempuh jenjang pendidikan.

"Kalau jumlah besaran dana PKH masing-masing KK ini berbeda Mas, soalnya dihitung jumlah anak yang sekolah," sebutnya.

Sementara menurut Baswan, warga Desa Tumbang Liting Kecamatan Katingan Hilir, seorang penerima PKH menuturkan untuk tahap II ini ia akan mendapatkan Rp700.000.

"Tahun ini katanya pencairannya tiga kali, dan sekarang adalah tahap dua. Pokoknya sesuai surat yang kami terima total per tahun ini kami akan mendapat Rp3.450.000," katanya.

Menurutnya, ia memiliki dua orang anak, satu anaknya yang paling tua duduk di bangku SMP sedangkan satu lainnya masih balita.

"Kita berharap tahun 2017 bantuan PKH ini masih terus berlangsung," imbuh Baswan yang mengaku sebagai petani ini.

Sementara menurut Kepala Seksi (Kasi) Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Katingan, Ni Gusti Ayu Putu Eka, untuk tahun 2016 ini program PKh yang berasal dari Kementerian Sosial pusat, itu baru mencakup tujuh wilayah kecamatan di kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Siompei ini.

Ketujuh kecamatan itu, adalah Katingan Hilir, Katingan Kuala, Mendawai, Tewang Sanggalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah dan Kecamatan Marikit.

"Sedangkan enam kecamatan lainnya belum mendapatkan program PKH itu. Namun pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmograsi Kabupaten Katingan sudah mengusulkan keenam kecamatan itu ke Kementerian Sosial," sebut Ni Gusti Ayu Putu Eka.

Menurutnya total kepala keluarga (KK) penerima program PKH dari tujuh wilayah kecamatan yang mendapatkan program tersebut berjumlah 539 kepala keluarga. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru