Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Minta SKPD Bantu Pengelolaan Keuangan Desa

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Juli 2016 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Ahmad Dirman mengharapkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat membantu dan membina pemerintahan desa dalam proses pengelolaan anggaran dana desa yang dikucurkan pemerintah  tahun 2016 ini. Anggaran untuk desa semakin besar, seiring dengan berlakunya undang-undang tentang pemerintahan desa.

'Saya mengingatkan kepada kita semua terkait dengan anggaran desa tahun ini dalam jumlah yang cukup besar yang dikelola oleh desa, agar kiranya para SKPD terkait dapat membantu dan membina pemerintahan desa dalam proses pengelolaan keuangannya,' kata Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, kemarin.

Bupati Sukamara, Ahmad Dirman juga berharap seluruh kepala desa di Kabupaten Sukamara, agar dalam pengelolaan keuangan selalu berhati'hati dan menciptakan keterbukaan di antara aparatur desa dan masyarakat serta lembaga yang ada di desa.

'Mari kita mengedepankan prinsip'prinsip kebersamaan dalam pelaksanaan pembangunan ini demi mewujudkan masyarakat desa yang mandiri, sejahtera, berdaulat dan bermartabat.' ajak Bupati Sukamara, Ahmad Dirman.

Sebelumnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan KB (BPMDP-KB) Sukamara, Ilham Massora mengatakan penyaluran dana APBDes Tahun 2016 dibagi dalam dua termin atau tahap yakni dengan perbandingan 60 persen dan 40 persen. Untuk tahap pertama pencairan APBDes di Sukamara saat ini mencapai Rp14,9 miliar sementara tahap tahap kedua Rp1,6 miliar.

'Diharapkan agar pemerintahan desa melaksanakan kegiatan melalui anggaran tersebut sesuai dengan aturan,' ucap Ilham.

Tahun 2016 ini untuk total pagu ABPDes di Kabupaten Sukamara mencapai Rp71 miliar lebih yang dibagi untuk 29 desa, dan tahun ini jumlah ABPDes yang diterima masing-masing desa berkisar antara Rp2 miliar lebih hingga Rp3 miliar lebih.

'Ada beberapa desa yang jumlah pagu ABPDes yang diterima cukup besar yakni Desa Sungai Damar mencapai Rp3,3 miliar, Desa Karta Mulya sebesar Rp3,2 miliar dan Desa Sungai Pasir sebesar Rp3,1 miliar,' ujar Ilham Massora. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru