Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Berupaya Wujudkan Kapuas Sehat 2018

  • 29 Juli 2016 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas berupaya mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Kapuas, 'Kapuas Sehat 2018'. Pewujudan visi itu dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan status pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas). Sudah 7 Pusmesmas yang ditingkatkan statusnya menjadi Puskesmas perawatan, yaitu Pujon, Sungai Hanyo, Lupak, Mantangai, Lamunti dan Terusan.

'Untuk Puskesmas Anjir sekarang dalam tahap pelaksanaan ditingkatkan menjadi Puskesmas perawatan dan untuk ke depan kita harapkan juga Puskesmas Mandomai bisa kita tingkatkan statusnya,' kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas, Afendy , saat acara halal bihalal PWI Kapuas, Jumat (29/7/2016).

Kemudian untuk memaksimalkan program satu desa dua tenaga kesehatan. Dinas Kesehatan juga telah melakukan perekrutan besar-besaran terhadap para tenaga kerja sukarela (TKS) kesehatan untuk diangkat menjadi tenaga kontrak.   

'Selama pemerintahan ini kita merekrut tenaga sangat besar sekali dari yang sebelumnya untuk mengisi program satu desa dua tenaga kesehatan yaitu sebanyak 315 orang. Yang kita rekrut itu TKS yang sudah bekerja, kita tingkatkan statusnya menjadi tenaga kontrak,' terang Afendy.

Kendati telah merekrut tenaga kesehatan sebanyak itu. Namun menurut Afendy jumlah itu masih kurang apabila dihitung dengan jumlah desa di Kabupaten Kapuas sebanyak 214 desa. Sehingga masih diperlukan kurang lebih 120 orang lagi tenaga kesehatan. 'Kita masih kekurangan sekitar 120 tenaga, belum lagi yang diadakan untuk Puskesmas peratawan,' ungkapnya.  

Sedangkan dalam rangka pencegahan penyakit malaria, khususnya di wilayah Kecamatan Kapuas Hulu dan Kapuas Tengah. Dinas Kesehatan melakukan penyebaran beberapa buah kelambu. 'Kita upayakan di sana untuk bebas penyakit malaria,' katanya.

Afendy menambahkan, selanjutnya untuk mengantisipasi wabah dan bencana. Dinas Kesehatan setiap tahunnya menyediakan obatan-obatan emergency, termasuk tabung oksigen. (DJEMMY NAPOLEON/N).

 

Berita Terbaru