Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Gelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

  • Oleh Cecep Herdi
  • 10 Agustus 2016 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) menggelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca, di halaman Kantor Perpustakaan Arsip Daerah (KPAD) Kobar, Rabu (10/8/2016) pagi. Indonesia peringkat 108 dari 187 negara di dunia dalam Indeks Pembangunan Manusia. Posisi itu lebih rendah dari lima negara ASEAN, seperti Singapura (26), Brunei 33, Malaysia 61, Thailand 103 dan Filipina peringkat 112.

"Salah satu faktor penyebab rendahnya indeks pembangunan manusia di Indonesia adalah rendahnya kualitas pendidikan masyarakat. Peningkatan kualitas masyarakat mengembangkan diri dalam menambah pengetahuan secara mandiri mengalami banyak kendala, di antaranya, belum meratanya penyebaran bahan perpustakaan untuk masyarakat," kata Kepala Perpustakaan Nasional RI, diwakili Sri Sumekar, di acara itu.

Membaca dalam perkembangannya di masyarakat yakni, meningkatkan pengetahuan umum dan kecerdasan masyarakat, sebagai media penerangan terhadap perkembangan masyarakat, menumbuhkan sikap kritis dan mampu mengadakan koreksi tentang hal-hal yang merugikan masyarakat dan sebagai media penyampaian gagasan-gagasan baru yang berguna untuk meningkatkan perkembangan masyarakat.

Terkait pembudayaan kegemaran membaca, sebagaimana termuat dalam bab XII, Pasal 48 ayat (1) tentang pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

"Kebijakkan perpustakaan nasional dalam pembudayaan gemar membaca, upaya peningkatan minat baca yang berfokus pada program sosialisasi minat baca, membangun komunitas membaca di masyarakat dan partisipasi industri penerbitan dalam menciptakan komunitas baca bekerjasama drngan lembaga pemerintah sekilah dan perguruan tinggi," jelasnya.

Bupati Kobar, Bambang Purwanto dalam sambutannya menyampaikan, perpustakaan nasional sebagai pembina di Indonesia, agar terus selalu meningkatkan tidak hanya pembinaan, tetapi juga berikan bantuan atau hibah dalam bentuk apapun, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) perpustakaan.

Kemudian kepada Asdi Narang, selaku anggota komisi yang menjadi mitra kerja perpustakaan nasional, agar selalu mendukung meningkatkan dukungan dana untuk program dan kegiatan di bidang perpustakaan.

"Dan kepada semua pihak terkait, baik pemerintah, swasta maupun pemerhati perpustakaan agar terus meningkatkan dukungan dan perhatian kepada perpustakaan daerah," harap Bupati. (CECEP HERDI/N).

Berita Terbaru