Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ucapan Belasungkawa Mengalir atas Meninggalnya Hambit Bintih

  • 24 Agustus 2016 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Ucapan belasungkawa terus mengalir atas meninggalnya Hambit Bintih. Mantan Bupati Gunung Mas (2008-2013) itu, meninggal dunia, setelah menderita kanker paru-paru, Selasa (23/8/2016) siang. Ia meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kami, atas nama pribadi, dan keluarga, mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Hambit Bintih, semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menerima cobaan berat ini," kata anggota Komisi IV DPR RI asal Kalimantan Tengah, H Hamdhani melalui Borneonews dari Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Atas meninggalnya Hambit Bintih sejumlah pejabat di Gumas menyatakan sangat kehilangan sosok pemimpin yang merupakan salah satu putra terbaik Kabupaten Gumas. Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Hambit Bintih. Ia menilai bekas atasannya itu, berjasa besar dalam membangun Kabupaten Gumas. Pemerintah dan masyarakat Gumas sangat kehilangan salah satu tokoh pembangunan. 

"Saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, berduka cita yang mendalam atas meninggal Bapak Hambit Bintih. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan," kata Bupati Gumas, Arton S Dohong, kepada pers, Selasa (23/8/2016) sore.

Sementara itu, Ketua DPRD Gumas, Gumer menyatakan, sangat kehilangan atas meninggalnya pria kelahiran Tumbang Kajuei, 12 Februari 1958 itu. Apalagi saat memimpin Kabupaten Gumas, kata dia, banyak kemajuan yang telah dicapai. Baik pada bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

"Kita sangat kehilangan salah satu putra terbaik Kabupaten Gunung Mas," kata Gumer kepada wartawan, Selasa (23/8/2016) sore.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Gumas Kamiar juga menyatakan duka yang mendalam atas meninggalnya Hambit Bintih. 

Dari informasi yang diperoleh dari pihak keluarga di Gumas, Hambit Bintih meninggal dunia, Selasa (23/6/2016), pukul 14.15 WITA, dalam usia 58 tahun, akibat penyakit jantung. Kabar tersebut menggemparkan masyarakat di kabupaten bermoto Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

Hambit Bintih adalah Bupati Gunung Mas 2008-2013, dengan wakilnya Arton S Dohong. Pada Pilkada Gumas 2013, pasangan Hambit-Arton kembali terpilih untuk periode 2013-2018. Mereka dinytakan unggul perolehan suara dari pasangan Jaya Samaya Monong-Dadin, Kusnadi B Halijam-Barthen B Suhin dan Awin Usup-Yundae. 

Hambit Bintih yang berpasangan dengan Arton S Dohong, mampu meraih suara terbanyak dan ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU Gumas. Namun sayang perkara pilkada di bawa ke Mahkamah Konstitusi. 

Pada saat sangketa pilkada berjalan, Hambit Bintih dan beberapa rekannya terjerat kasus suap bersama ketua MK saat itu Akil Muchtar. Meski demikian, MK tetap memengkan pasangan Hambit-Arton. Namun Hambit tidak bisa dilantik karena masih menjalani proses hukum. Akibat kasus itu Hambit di vonis 4 tahun penjara, saat terakhir hidupnya Hambit masih menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan kelas II Palangka Raya. (EP)

Berita Terbaru