Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Pulang Pisau Harus Rutin Pelatihan Kepada Masyarakat

  • Oleh James Donny
  • 26 Agustus 2016 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Pulang Pisau harus rutin menyelenggarakan pelatihan bagi masyarakat, maupun porsenel BPBD. Dengan begitu, BPBD akan mampu melakukan upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan lainnya, secara cepat dan tepat.

'Sejauh ini BPBD Pulang PIsau sudah melakukan upaya pelatihan kepada masyarakat, khususnya pada kawasan rawan terbakar. Untuk kegiatan tersebut perlu dilakukan secara rutin dan kompeherrnsif,' kata anggota DPRD Pulang Pisau, H Ahmad Jayadikarta, Jumat (26/8/2016). 

Ahmad Jayadikarta menyambut gembira karena tahun 2016 ini BPBD  sudah mulai dengan melakukan berbagai pelatihan. 'Yang kita ketahui, BPBD juga mengundang para perwakilan masyarakat, mulai dari perwakilan tiap RT, desa atau kelompok ormas. Kita tentu sangat mendukung rencana tersebut sebagai langkah untuk mencegah kebarakan yang selalu menghantui kawasan gambut kita,' ujar politisi Nasdem ini.

Ia berharap bimbingan dilakukan oleh instruktur profesional dalam bidang penanggulangan bencana dan sudah berpengalaman. 'Bisa itu dari pihak Damkar, rescue, tagana, militer atau yang lainnya. Dengan pola seperti itu, nantinya ketika terjadi musibah di masyarakat, misalkan kebakaran, warga yang dilatih langsung bisa melakukan reaksi cepat sebelum bantuan datang.'

Kepala BPBD Kabupaten Pulpis, H Salahudin mengaku pihaknya sudah menggelar pelatihan-pelatihan secara terencana, terkoordinasi, terfokus, dan terpadu. Harapan kita peran dan pengabdian Satgas dari BPBD sendiri di lapangan benar-benar tepat sesuai prosedur serta sejalan dengan perkembangan zaman saat ini.

Keterlibatan masyarakat kata dia dalam rangka kesiapsiagaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni untuk kemampuan dalam menghadapi bencana khususnya kebakaran. Demikian juga seluruh anggota Satgas di BPBD sangat dituntut agar mampu membentuk personel yang profesional, efektif, efisien, dan modern. 'Semuanya mengandung arti bahwa para personel di semua institusi dan masyarakat mampu secara proaktif, merealisasikan tugas pokoknya secara cepat dan tepat dilapangan sesuai dengan tugas serta fungsinya masing-masing,' terangnya. (DY/N).

Berita Terbaru