Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Bakal dapat Peluang Investasi Hilirisasi Bauksit US$1,2 Miliar

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 Agustus 2016 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalimantan Tengah (Kalteng) bakal mendapatkan peluang investasi senilai US$1,2 miliar atau Rp15,72 triliun dengan kurs Rp 13.100 untuk hilirisasi bauksit. Rencana investasi di bidang pertambangan itu berada di Kotawaringin Timur (Kotim).

Jika ini terwujud, upaya Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran melobi pengusaha besar mendapat sambutan positif. Harapan gubernur, Kalteng harus kaya dan rakyatnya makmur dari pemanfaatan hasil kekayaan bumi-nya yang dikelola dengan baik dan sungguh-sungguh.

'Nilai investasinya cukup besar, US$1,2 miliar untuk membuat pabrik pengolahan dan sebagainya. Dengan hilirisasi bauksit, hasil tambang calon aluminium yang selama ini langsung keluar dalam bentuk mentah, nantinya tidak lagi begitu. Diolah dulu baru boleh dibawa keluar. Jadi manfaat yang didapat akan lebih banyak,' kata Gubernur Sugianto, Jumat (26/8/2016).

Sugianto bercerita bertemu pengusaha besar di Sampit. Inisialnya TW. Dalam percakapan itu, terungkap beberapa investor tertarik untuk melakukan pengolahan tambang bauksit yang ada namun belum dilakukan hilirisasi.

'Beberapa waktu lalu saya ketemu pengusaha TW di Sampit. Nah dia menyampaikan rencana itu dan kita sambut. Karena yang ditanamkan nilainya bukan angka ratusan miliar tapi triiun. Ini akan menggerakkan ekonomi kita,' terangnya.

Sugianto pun menjanjikan pihaknya bakal menyambut baik rencana investasi itu dan berjanji memberikan kemudahan investasi berikut perijinan yang mendukungnya. Sebab baginya, pemerintah daerah saat ini harus berpacu memberikan pelayanan dan kemudahan birokrasi, dan mempercepat durasi proses perijinan.

'Kalteng tidak akan bisa dibangun,jika investor tidak merasa nyaman. Jangan ada Pungli di SKPD. Kebiasaan tidak baik harus kita buang,' tegas Sugianto.

Rp65 Triliun Untuk Baja 

Sugianto juga menerima perkembangan terbaru mengenai  investasi pabrik baja. Informasi terakhir yang didapatkannya,Sugianto menyebut angka investasi US$3 miliar - US$5 miliar atau jika dirupiahkan sekitar Rp65 miliar. 'Kita berharap hal ini membawa Kalteng semakin kuat ekonominya, sejahtera rakyatnya,menuju target saya sebagai Kalteng yang Berkah. Mohon doanya.' (RZ/N).

Berita Terbaru