Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tekan Bencana Karhutla, Polsek Sukamara Lakukan Sosialisasi

  • Oleh Norhasanah
  • 21 September 2016 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Upaya Polsek Sukamara menekan angka bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Sukamara, salah satunya dengan terjun langsung ke lapangan, mensosialisasikan kepada masyarakat dampak bencana itu. Harapannya, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan bersama.

Pejabat Sementara (Pjs) Kapolsek Sukamara, Ipda Bimasa Zebua, S.I.K mengatakan, bencana kebakaran di Sukamara cukup memprihatinkan. Setiap hari terjadi kebakaran baik di lahan berpenghuni maupun lahan tidak berpenghuni.

'Saat kita sosialisasi dan bertemu langsung dengan masyarakat, mereka banyak mengeluh dan bingung bagaimana cara membuka lahan dengan tidak membakar, mengingat cara ini, murah dan sudah sering dilakukan' ungkap Ipda Bimasa Zebua, Rabu (21/9/2016).

Zebua memahami kesulitan para petani yang ingin membuka lahan, meningat tindakan tersebut adalah tindakan yang dilarang dan bisa berurusan dengan pihak berwajib.

Dalam kesempatan itu, selaku Kapolsek Sukamara dirinya meminta masyarakat tidak melakukan hal tersebut, sebab jika ada yang masih nekat melakukan pembakaran, pihaknya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas dengan menahan pelaku. 'Karena ini adalah instruksi langsung dari Presiden, Sehingga kami ditugaskan Kapolri turun ke Kapolda turun Polres dan Polsek bahwa membakar hutan secara sengaja itu dilarang. Sehingga menindaklanjuti hal tersebut kami setiap hari melakukan sosialiasi kepada masyarakat' bebernya.

Sementara itu, saat disinggung adanya warga yang diamankan karena kedapatan membakar lahan, Zabua mengaku bahwa hingga saat ini pihaknya masih dalam proses sidik untuk mengungkapkan apakah kasus kebakaran tersebut disebabakan kesengajaan sehingga pelaku dapat ditangkap sebagai efek jera.

'Kemarin sempat terjadi kebakaran, dan ada masyarakat yang juga memiliki lahan disekitar kebakaran mengaku melihat pelaku, hanya saja tidak bisa memastikan siapa pelaku tersebut karena hanya melihat bentuk fisik dari belakang saja. Dan dari keterangan tersebut kita akan tindak lanjuti' ucap Kapolsek Sukamara. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru